Customer Relationship Managemen, Upaya Pelindo Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cirebon atau Pelindo Cirebon terapkan program Customer Relationship Management (CRM) dalam kegiatan administrasi pelayanan pelanggan di lingkungan Pelabuhan Cirebon-Abdullah-radarcirebon.com
CIREBON, RADARCIREBON.COM -PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cirebon atau Pelindo Cirebon terapkan program Customer Relationship Management (CRM) dalam kegiatan administrasi pelayanan pelanggan di lingkungan Pelabuhan Cirebon.
CRM sendiri merupakan sebuah sistem standar perusahaan untuk mengukur, mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelayanan yang sudah diberikan dan jenis pelayanan yang akan diberikan kepada pelanggan dan stakeholder selama periode tertentu.
CRM di lingkungan Pelindo telah terstandarisasi secara nasional sehingga jenis dan kualitas pelayanan yang diberikan di setiap cabang Pelindo seluruh Indonesia adalah sama. CRM di Pelindo Regional 2 Cirebon diwujudkan dalam berbagai bentuk, di antaranya: Coffee Morning, Customer Visit, Customer Gathering, Customer Correspondence, dan lainnya. Masing-masing program memiliki tujuan untuk menangkap keinginan pelanggan terhadap peningkatan kualitas pelayanan.
Manager Komersial dan Kepatuhan Bisnis PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cirebon, Bombom Cepi Nugraha memaparkan, Pelindo bersikap serius dalam menangani keluhan, kritik dan saran dari pelanggan. Bukti keseriusan tersebut adalah adanya berbagai inovasi di bidang pelayanan pelanggan, di antaranya adanya standardisasi program CRM yang berlaku di seluruh cabang Pelindo, termasuk Pelindo Regional 2 Cirebon.
BACA JUGA:Hemat Rp5,16 Triliun Hasil Efisiensi Anggaran di Jawa Barat, Dedi Mulyadi Jelaskan untuk Apa Saja
Menurut Bombom, Seluruh saran dan kritik yang diperoleh dari kegiatan pelayanan pelanggan, saat ini tercatat dalam aplikasi P-CONNECT. PCONNECT sendiri merupakan aplikasi pencatatan kegiatan CRM baik berupa database pelanggan, suara pelanggan, mapping kegiatan bersama pelanggan, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pelanggan di lingkungan Pelindo.
“Suara pelanggan yang tercatat di P-CONNECT ditindaklanjuti secara sistematis dan progress-nya akan disampaikan kepada pelanggan melalui surel yang terdaftar dalam database pelanggan,” ujar Bombom.
Untuk mendukung optimalisasi implementasi program CRM, kata Bombom, saat ini Pelindo juga telah menyediakan banyak kanal sebagai media komunikasi kepada pelanggan, di antaranya melalui sosial media (instagram, facebook, twitter, dan Youtube), email, hingga layanan customer care di seluruh cabang Pelindo. (abd)
BACA JUGA:Tanah Longsor di Kuningan, Penghuni 2 Rumah di Desa Manggari Mengungsi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: