Hari Kedua Milik Lorenzo

Hari Kedua Milik Lorenzo

 Tes Resmi MotoGP di Sirkuit Sepang

SEPANG - Jorge Lorenzo berhasil memuncaki posisi teratas di hari kedua tes resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, Kamis (5/1). Pembalap asal Spanyol itu merasakan situasi yang jauh berbeda dari yang ia alami pada tes tahun lalu di sirkuit yang sama.

Ketika itu Lorenzo meninggalkan Sepang dengan hanya menjadi pembalap tercepat ketujuh, dalam kondisi kebugaran yang buruk serta diwarnai oleh performa ban yang buruk.

Tapi tahun ini, Lorenzo mengaku tengah diliputi kegembiraan luar biasa mengenai performa motor Yamaha-M1 nya yang sangat fantastis. Di luar fakta bahwa Yamaha belum memasang teknologi seemles downshift gearbox, namun Lorenzo sudah merasakan performa motor barunya meningkat drastis.

Itu membuatnya bisa menjaga jarak dengan Marquez di posisi ketiga pada hari pertama, dan akhirnya membukukan waktu tercepat di hari kedua, kemarin. Lorenzo berhasil membukukan waktu di bawah dua menit pada lap ke-19 dari 45 lap yang ia bukukan.

“Sangat senang. Sesi pagi hari sangat fantastis. Sudah lama saya tak merasakan sebahagia ini bisa menggeber motor dengan sangat cepat,” kata Lorenzo seperti dilansir crash.

“Ini bukan hanya tentang rekor 1 menit 59,9 detik atau 2 menit 0,00. Itu bisa saja 2 menit lebih walaupun balapan berlangsung dalam temperatur tinggi,” lanjut Lorenzo. Usai sesi istirahat, Yamaha kemudian mencoba mengubah beberapa setingan dan memasang chassis yang berbeda.

“Itu membuat kami sedikit kehilangan konsentrasi untuk mempertahankan kecepatan seperti sesi pagi hari. Juga karena trek nya lebih licin dan membuat banyak pembalap tak dapat meningkatkan catatan waktunya. Tapi secara umum motor kami sangat bagus. Kami hanya butuh perbaikan di pengereman. Jika bisa dilakukan di tes selanjutnya pasti kami akan semakin siap menyambut seri pertama di Qatar,” papar Lorenzo.

Di hari kedua ini, rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi hanya menduduki posisi keenam. Sementara itu, juara bertahan Marc Marquez kali ini harus puas di peringkat ketiga, di belakang pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Dovi berhasil memperbaiki peringkatnya setelah hanya meraih posisi keempat di hari pertama kemarin lusa. Pebalap asal Italia ini selisih 0,052 detik dari Lorenzo. Dani Pedrosa juga berhasil meningkatkan catatan waktunya dari hari pertama. Setelah membukukan 2 menit 0,745 pada Rabu (4/2), kemarin pembalap Honda itu lebih cepat sekitar setengah detik dan mengakhiri sesi di peringkat keempat. (dim)

 

Hasil Tes Hari Kedua (10 Besar)

1. Jorge Lorenzo         Movistar Yamaha (YZR-M1)       1 menit 59,963 detik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: