Danlanal Tutup Kemah Saka Bahari

Danlanal Tutup Kemah Saka Bahari

CIREBON – Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon Letkol Laut (P) Budi Santosa SE selaku Kepala Majelis Pembina (Kamabi) Pramuka Saka Bahari Kapten Samadikun Lanal Cirebon, menutup kegiatan perkemahan pengukuhan Saka Bahari Kapten Samadikun Lanal Cirebon Tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari sejak Minggu (2/8) sampai Kamis (6/8) di Taman Wisata Siwalk Desa Setu Patok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

Danlanal Cirebon Budi Santosa menyampaikan dalam amanatnya, apa yang telah diberikan dalam pelatihan selama mengikuti kegiatan perkemahan pengukuhan Saka Bahari Kapten Samadikun Lanal Cirebon ini, para peserta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, perwira dengan dua melati di pundak itu menekankan pentingnya mengembangkan ilmu pengetahuan kebaharian. Sehingga, dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar.

Setelah resmi dikukuhkan menjadi anggota Saka Bahari Kapten Samadikun Lanal Cirebon, peserta selalu giat berlatih dengan maksimal. Agar apa yang diperoleh selama di perkemahan, dapat menjadi pedoman sebagai bahan acuan dan sarana dalam melaksanakan bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara. “Jaga tali silaturahmi dan persaudaraan antar Gugus Depan Pramuka yang ada di Wilayah III Cirebon dengan Lanal Cirebon” pesan Budi Santosa.

Selama perkemahan berlangsung, berbagai kegiatan telah dilakukan. Diantaranya, Danlanal Cirebon melepas tanda peserta, penyumpahan pengukuhan dan janji Saka Bahari Kapten Samadikun, kegiatan atraksi serta demo dari masing-masing perwakilan peserta. Tidak hanya itu, dilakukan pula pembagian piala pemenang lomba dan juara umum.

Sementara, kegiatan yang telah dilaksanakan para peserta selama mengikuti kegiatan perkemahan lima hari tersebut, di antaranya melakukan olahraga pagi dan senam tongkat, ibadah, ceramah agama, jelajah alam dan pemutaran film pertempuran 10 November Surabaya dan laut Arafuru dalam rangka pembebasan Irian Barat, api unggun, joy sailing dan pentas seni. Untuk kegiatan kesakaan bahari meliputi dayung dan perahu karet, selam dasar, peta laut, Ilmu Medan dan Membaca Peta (IMMP), sinar morse, korban tenggelam dan bertahan di air, bakti sosial, bebersih pantai di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Cirebon dan Pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kesenden Cirebon.

Hadir dalam penutupan tersebut para Perwira Staf Lanal Cirebon, perwakilan Korem 063/SGJ, Polairud Polda Jabar, Pemda Kota/Kabupaten Cirebon, Kodim 0614 Kota Cirebon dan Kodim 0620 Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon dan Polresta Cirebon, Kadisdik Kota dan Kabupaten Cirebon, Kepala Kwarcab Pramuka wilayah III Cirebon dan tamu undangan lainnya. (ysf/adv)

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: