Babad Asing Mencatat Indramayu

Babad Asing Mencatat Indramayu

Tanggal 7 Oktober, 488 tahun yang lalu,  berdasarkan fakta Babad Dermayu, diikisahkan Wiralodra bertapa agar mendapat kemuliaan. Pada malam Jum’at ia mendapat petunjuk, agar ia membabat hutan di kali Cimanuk. Tiba-tiba datang perempuan cantik yang bernama Nyi Hindang Darma ke kampung Ki Tinggil. Nyi Hindang Darma diizinkan untuk membuat pondokan di tempat itu. Ki Tinggil mempunyai rencana untuk memberikan Nyi Hindang agar dijadikan istri oleh Wiralodra. Wiralodra dan Nyi Hindang masuk hutan untuk bertarung. Karena tidak bisa mengalahkan Wiralodra, Nyi Hindang lalu menghilang dan berubah wujud berkali-kali Wiralodra tidak berhasil menangkap Nyi Hindang. Ia  mendengar suara Nyi Hindang agar memberi nama tempat itu menjadi Darmayu.
Peristiwa tersebut terjadi pada Jum’at Kliwon, 1 Sura 1449 atau 1 Muharam 934 H yang bertepatan dengan tanggal 7 Oktober 1527 M. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 02/1977 tanggal 24 Juni 1977. Kabupaten Indramayu memiliki hari jadi, yang diperingati setiap tanggal 7 Oktober,
Membaca sejarah Indramayu juga tak lepas dari perjalanan layar orang asing. Diantaranya, Tome Pires. Ia menyebutkan bahwa saat itu Kerajaan Sunda memiliki enam buah pelabuhan, Bamtam (Banten), Pomdam (Pontang), Chegujde (Cigede), Tamgaram (Tanggerang), Capala (Kalapa), dan Chemano (Cimanuk). Karya Tome Pires ini ditulis dalam bahasa Portugis dan disunting oleh Armando Cortesao, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris The Suma Oriental of Tome Pires: An Account of the East, from the Red Sea to Japan, Written in Malacca and India in 1512-1515. 
 
Menurut Tome Pires, Chemano merupakan kota pelabuhan yang ramai. Salah satu buku yang menguatkan catatan Pires adalah Joao de Barros dalam da Asia, Decada IV. Ia meninggal tahun 1570 dan diedit kembali  oleh Joao Baptista Lavanha pada tahun 1615. Buku itu menampilkan peta bahwa Sunda dipisahkan dari Jawa oleh suatu sungai besar, yakni Chiamo atau Chenano (Cimanuk). (wb)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: