Rujak Kangkung Cibingbin, Asam Pedasnya Dahsyat

Rujak Kangkung Cibingbin, Asam Pedasnya Dahsyat

KUNINGAN - Mitos kangkung dapat menyebabkan kantuk sepertinya sudah tidak berlaku lagi sekarang. Kehadiran Rujak Kangkung Cibingbin telah membantah mitos tersebut, karena sambalnya yang asam dan pedas justru membuat kita terbangun dan membuat penglihatan kita menjadi terang benderang.
Sesuai namanya, kudapan yang satu ini berasal dari Cibingbin, sebuah desa di ujung timur Kabupaten Kuningan. Rujak Kangkung Cibingbin berbahan dasar kangkung yang direbus kemudian disiram sambal terasi yang diracik khusus dan sangat cocok dinikmati saat siang hari ketika cuaca panas yang melelahkan.
Rasa pedas dan asamnya yang dahsyat bisa membuat segar hingga penat di kepala pun bisa langsung buyar. Tak heran, jika warung Rujak Kangkung Cibingbin Bu Icih cabang Jalaksana selalu ramai oleh pembeli yang sebagian besar PNS dan pelajar saat siang hari.
Khasiat rujak kangkung Cibingbin yang membuat mata melek, menjadi incaran ibu-ibu dan pelajar putri pecinta pedas dan asam. Apalagi menikmati rujak ini sambil dilengkapi goreng bakwan dan kerupuk mie kuning serta segelas es kelapa muda semakin menambah kenikmatan rujak kangkung Cibingbin ini.
Untuk menikmati satu porsi rujak kangkung Cibingbin, kita tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan uang Rp 4.000 kita sudah bisa merasakan segarnya kudapan khas Kuningan ini dan mata pun bisa langsung berbinar-binar.
Menurut Udin, salah seorang karyawan di warung rujak kangkung Cibingbin Bu Icih, rujak kangkung cibingbin sangat cocok jika dipadukan dengan goreng bakwan yang dipotong kecil-kecil ditambah kerupuk mie kuning. Harganya masih normal layaknya warung-warung angkringan, hanya Rp 1.000 saja per bungkus untuk kerupuk begitu pun bakwan. Segelas es kelapa muda segar pun harganya masih standar, Rp 4.000 saja.
Ine, salah seorang pelanggan rujak kangkung Cibingbin di warung Bu Deni mengaku hampir dua hari sekali mampir untuk menikmati lezatnya makanan ringan khas Cibingbin tersebut. Ine mengaku ketagihan dengan rasa pedas dan asamnya yang nendang hingga bisa membuatnya semangat bekerja kembali setelah melahap dua porsi rujak kangkung di warung Bu Icih.
\"Biasanya saat jam istirahat saya membeli rujak kangkung Cibingbin ini. Lumayan bisa membuat mata melek dan semangat kerja muncul lagi,\" kata Ine.
Untuk menghilangkan rasa pedas di mulut, Ine selalu menyertai es kelapa muda sebagai pencuci mulutnya. Meski kebiasaannya tersebut terkadang membuatnya kerepotan karena harus sering ke wc, namun rujak kangkung Cibingbin dengan es kelapa muda kata dia adalah perpaduan yang tak ada bandingannya. (taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: