Jelang Imlek, Klenteng Kun An Tong Berbenah

Jelang Imlek, Klenteng Kun An Tong Berbenah

KUNINGAN - Pengurus Klenteng Kun An Tong Kuningan tengah melakukan berbagai persiapan untuk perayaan Tahun Baru Cina Imlek yang jatuh pada tanggal 8 Februari mendatang. Salah satunya adalah menyiapkan tradisi bakti sosial berupa bagi-bagi sembako pada tiga hari menjelang hari H.

Ketua Yayasan Tri Dharma Klenteng Kun An Tong Toto Heryanto (Poey Lok Tek) mengungkapkan, sudah sepekan ini pihaknya membuka kesempatan bagi warga Tinghoa yang tinggal di Kuningan maupun di perantauan untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disumbangkan kepada warga kurang mampu. Tampak sudah puluhan karung beras menumpuk di salah satu sudut klenteng masih menunggu tambahan hingga tanggal 4 Februari mendatang

\"Semua ini hasil sumbangan warga Tionghoa yang tinggal di Kuningan maupun di perantauan. Nanti akan mulai dibagikan dalam bentuk paket sembako dan uang tunai tanggal 5 Februari untuk warga kurang mampu di wilayah Kuningan timur dan pada tanggal 6 Februari untuk warga sekitar klenteng,\" ujar Toto, Jumat (29/1).

Selain tengah menyiapkan kegiatan bakti sosial,  juga akan dilaksanakan kegiatan bersih-bersih klenteng tepat sepekan sebelum hari H yaitu hari Minggu besok. Kegiatan bersih-bersih ini akan melibatkan banyak unsur masyarakat mulai dari pengurus yayasan hingga masyarakat sekitar klenteng.

\"Seluruh pengurus yayasan dan anak-anak muda akan dikerahkan untuk kegiatan bersih-bersih klenteng pada hari Minggu nanti. Mulai dari teras depan, altar termasuk patung dewa serta 16 hiolo atau tempat dupa semuanya akan dibersihkan,\" lanjut Toto.

Meski demikian, Toto mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan imlek di Klenteng Kun An Tong nanti akan dilaksanakan secara sederhana saja. Tidak ada kemeriahan pesta kembang api ataupun atraksi barongsay, melainkan hanya akan ada ritual keagamaan seperti menyalakan lilin, sembahyang dan berdoa para jemaat klenteng pada pukul 00.00 WIB. (taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: