Semangat Mainkan Tantangan, Berlomba Jadi Terbaik

Semangat Mainkan Tantangan, Berlomba Jadi Terbaik

CIREBON - Event Indonesia Scouts Challenge Regional Kabupaten Cirebon dibuka secara resmi, Sabtu (26/3). Upacara pembukaan sendiri berlangsung pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Camat Sumber Carsono AP MM, Ketua Kwarcab Kabupaten Cirebon H Jaya Supriadinata, GM Radar Cirebon Toto Suwarto dan sejumlah pengurus Kwarcab dan Kwaran Kabupaten Cirebon. Ribuan peserta pramuka penggalang se-Kabupaten Cirebon sudah mulai mempersiapkan diri sejak pagi hari untuk mendirikan tenda. Kurang lebih terdapat 125 regu yang mengikuti ajang pramuka bergengsi tersebut untuk memperebutkan tiket belajar dan berlibur ke Amerika Serikat. \"Kita mengapresiasi, ini peran serta media massa untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda,\" ucap Camat Sumber Carsono saat mewakili Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. Menurutnya, generasi muda merupakan aset bangsa yang harus dididik, dibimbing dan diarahkan untuk kelak menjadi pemimpin masa depan. Dengan kegiatan pramuka, generasi muda bisa belajar berorganisasi dan juga melatih kemandirian dan kepemimpinan. Saat ini, dengan era keterbukaan informasi, memiliki dampak dan pengaruh terhadap para generasi muda. \"Keterbukaan informasi ini memiliki pengaruh positif dan negatif, sehingga generasi muda harus benar-benar pintar memilih informasi yang sesuai dengan budaya dan norma agama,\" jelasnya. Sehingga, jiwa patriotisme dalam diri generasi muda semakin tergerus. Kegiatan pramuka salah satunya untuk menumbuhkan jiwa patriotisme, seperti yang tersurat dalam dasa darma pramuka. Menurutnya, kegiatan Indonesia Scouts Challenge (ISC) dapat memberikan pencerahan kepada generasi muda, khususnya anggota pramuka penggalang yang mengikuti kegiatan tersebut. \"Ini kegiatan baik, ke depan kita terus mendukung dan bisa dilanjutkan,\" sebutnya. Setelah upacara pembukaan, para peserta pun diberikan tantangan delapan games seru untuk regu putera dan puteri. Mereka bersaing untuk memperebutkan medali sebanyak mungkin. Tak hanya dari games, penilaian juga meliputi tenda terbaik. Adapun games yang diikuti dibagi dua. Game I seperti lomba Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD), Badge Challenge, Slide The Word, Navigation Challenge, Sense Challenge dan English Corner. Kemudian Game II Team Building dan Balls Challenge berupa Rolling Balls, lempar bola dan Hula Hop. Camp Chief, Zarkasy Jamaludin mengungkapkan, games yang diberikan selain memiliki tantangan dan hiburan juga ada unsur pendidikan bagi para peserta. Pantauan Radar, para peserta terlihat begitu semangat memainkan berbagai games dan tantangan yang diberikan panitia. Mereka berlomba-lomba untuk bisa menjadi yang terbaik. (jml)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: