Ada Geliat Perupa Cirebon di Gedung Kesenian

Ada Geliat Perupa Cirebon di Gedung Kesenian

CIREBON - Salah seorang seniman Cirebon, Ade Supriadi bersama anggota DPRD Kota Cirebon dari Komisi C, Jafarudin menyelenggarakan workshop bertema Geliat Perupa Cirebon di Gedung Kesenian Kota Cirebon,  Sabtu (15/10).

Workshop itu dihadiri puluhan pelajar dari SMP dan SMA, serta Guru Kesenian yang ada di Kota Cirebon. Kemudian, tidak ketinggalan seniman Cirebon yang dalam kesempatan itu sedikit memberikan ilmunya kepada para peserta.

Menurut Ade, kegiatan itu bertujuan untuk mengembalikan samangat para seniman  agar selalu mengeksplorasi kesenian khas Cirebon. Kemudian, para seniman juga diharapkan bisa memajukan kesenian khas daerah kepada masyarakat luas.

\"Saya ingin hasil karya para seniman Cirebon bisa lebih dikenal lagi ke seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Walaupun saat ini kesenian khas Cirebon yang diciptakan para seniman sudah banyak dikenal, tapi itu semua tidak cukup. Harus terus dikembangkan untuk bisa lebih baik lagi,\" ungkap Ade.

Sementara itu,anggota DPRD Kota Cirebon, Jafarudin meminta kepada pemkot untuk memberikan ruang kepada para seniman Cirebon supaya dapat memamerkan hasil karya yang telah diciptakan.

Selain itu, dia juga meminta agar para seniman dicarikan pasar untuk menjual karya-karya mereka.

\"Ya kalo ada campur tangan dari pemkot pasti bisa memudahkan mereka dalam memasarkan karya-karya mereka,\" ujar Jafarudin.

Agnes Velidia, siswi kelas 11 dari SMAK Penabur Kota Cirebon mengatakan, sangat senang mengikuti kegiatan itu, karena, memberikan banyak ilmu tentang cara membuat karya seni rupa.

\"Waktu denger ada acara ini saya langsung buru-buru dateng ke Gedung Kesenian,\" ujarnya

Dalam workshop itu, nampak beberapa seniman mengajarkan para peserta untuk membuat kerjainan seni Topeng, seni lukis kaca, dan kesenian lainnya.(fazri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: