Jelang Hari Pahlawan, TMP Samudra Balong Dalem Berbenah

Jelang Hari Pahlawan, TMP Samudra Balong Dalem Berbenah

KUNINGAN - Keberadaan taman makam pahlawan (TMP) Samudra yang berlokasi di kawasan wisata Balong Dalem, Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, mulai dibersihkan dan dicat ulang untuk menyambut Hari Pahlawan 10 November mendatang.
Menurut penjaga TMP Samudra Dulhamid, sudah sejak sepekan dirinya dibantu seorang pekerja lain melakukan persiapan-persiapan menyambut Hari Pahlawan nanti, salah satunya melakukan pengecatan seluruh tembok dan pagar TMP. Termasuk tugu monumen jangkar setinggi 10 meter, pengecatan harus menggunakan tangga khusus yang terbuat dari bambu panjang hingga menjangkau puncak monumen.
\"Saya ditugaskan untuk melakukan perawatan dan persiapan makam untuk peringatan Hari Pahlawan nanti. Mulai dari bersih-bersih rumput dan lumut hingga pengecatan ulang kawasan taman makam pahlawan,\" kata Dulhadi kepada radarcirebon.com, Senin (7/11).
Menurut Dulhadi, sudah menjadi kegiatan rutin pada setiap Hari Pahlawan di lokasi tersebut dilaksanakan upacara para prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon dan tabur bunga. Selain prajurit Lanal, lanjutnya, upacara juga dihadiri para pejabat Muspika Jalaksana.
Mengenai keberadaan TMP Samudra, Dulhadi menerangkan, merupakan tempat dimakamkannya para prajurit TNI Angkatan Laut yang gugur dalam sejumlah pertempuran di wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Jumlahnya sebanyak 20 makam yang sebagian besar berpangkat prajurit, ada pula yang berpangkat mayor dan sersan serta dua warga Kuningan yang turut gugur bersama prajurit dalam pertempuran antara tahun 1945-1949.
\"Awalnya para pahlawan ini dikuburkan di lokasi di sekitar tempat terjadinya pertempuran yang menewaskan mereka. Namun atas inisiatif tokoh masyarakat dan pejabat tinggi di Lanal Cirebon akhirnya tahun 1950 dilakukan pemindahan kerangka para pahlawan tersebut dan disatukan di sini,\" kata Dulhadi. (taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: