Lama Menghilang, Riza Chalid Hadiri Kuliah Umum Nasdem

Lama Menghilang, Riza Chalid Hadiri Kuliah Umum Nasdem

Masih ingatkah dengan kasus \'Papa Minta Saham\' dari skandal PT Freeport Indonesia pada 2016 silam? Kasus tersebut menyeret nama mantan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, pengusaha minyak Riza Chalid, dan mantan Ketua DPR Setya Novanto.
Sejauh ini, tak jelas sudah sampai tahap mana penyelidikan kasus tersebut. Namun, dua tahun berselang tiba-tiba publik dihebohkan dengan kemunculan Riza Chalid.
Jagat media sosial pun diramaikan dengan viralnya foto Riza Chalid saat menghadiri acara Akademi Bela Negara yang‎ diadakan oleh Partai Nasdem di kawasan Pancoran, Senin (16/7). Saat dikonfirmasi, Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari membenarkan bahwa Riza Chalid hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh partai yang diketuai oleh Surya Paloh itu.
\"Beliau (tamu) undangan. Kan yang hadir dari berbagai undangan. Beliau salah satu undangan yang hadir,\" ujar Taufik Basari kepada JawaPos.com, Rabu (18/7).
Dia juga menegaskan, Riza Chalid tidak datang atas nama Nasdem. Bahkan isu Riza Chalid menjadi kader Partai ‎Nasdem adalah tidak benar. \"Oh nggak (tidak bergabung ke Nasdem). Tidak ada kaitannya (Riza Chalid) dengan Nasdem,\" katanya.
Taufik menambahkan, Riza Khalid adalah teman atau rekan bisnis Surya Paloh. Tak hanya Riza, banyak pengusaha lain yang hadir dalam Akademi Bela Negara Partai Nasdem tersebut.
\"Kemarin itu juga sekaligus acara ulang tahun Pak Surya. Jadi, orang yang selama ini menjadi teman Pak Surya juga hadir,\" pungkasnya. Dilansir radarcirebon.com, sejumlah tokoh pun memberikan komentar atas hal tersebut. Seperti yang diunggah oleh akun Twitter Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Rachland Nashidik, Rabu (18/7). Rachland Nashidik turut mengunggah sebuah foto beberapa tokoh, seperti Mahfud MD dan beberapa menteri. Dari deretean tokoh tersebut, sosok Reza juga tertangkap kamera. Rachland Nashidik pun menanyakan hal tersebut. \"Ini Pak Riza Chalid yang katanya dicari cari aparat hukum itu?,\" tulisnya dalam akun @RachlanNashidik. Selain Rachland, mantan staf khusus menteri ESDM, Muhammad Said Didu, juga turut memberikan tanggapan. Melalui akun Twitternya, @saididu, ia menyinggung penyidikan kasus \'Papa minta saham\' yang dulu sempat mencuat. \"Heboh Riza Chalid hadiri kuliah umum Jokowi di Akademi Nasdem. Dulu sdh mulai dibongkar lewat kasus papa minta saham dan teman papa menghilang-eh kemarin ternyata hadir di acara Partai pendukung pemerintah.  Sekadar informasi, pada April 2016 lalu ‎Kejaksaan Agung belum dapat menghadirkan Riza Chalid dalam kasus pemufakatan jahat yang turut mencatut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Dengan tidak pernah datangnya Riza Chalid dalam pemeriksaan itu, Jaksa Agung HM Prasetyo pun memutuskan untuk menghentikan sementara penyelidikan kasus \'Papa Minta Saham\' itu. ‎Pemufakatan jahat skandal \'Papa Minta Saham\' ini diduga dilakukan saat Ketua DPR Setya Novanto bertemu pengusaha Riza Chalid dan Maroef di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, 8 Juni 2015.
Dalam pertemuan tersebut, Setya Novanto diduga mencatut nama Jokowi dan Jusuf Kalla (JK). Kedua petinggi RI disebut meminta saham Freeport agar perpanjangan kontrak perusahaan asal Amerika Serikat itu berjalan mulus. (ce1/gwn/JPC/wb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: