XL Tumbuh Kuat di Kuartal 3 2018

XL Tumbuh Kuat di Kuartal 3 2018

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih pertumbuhan pendapatan yang positif di kuartal ke-3 tahun ini, tumbuh 6 persen dibanding kuartal sebelumnya. Pada saat yang sama juga, berhasil meningkatkan daya tarik lebih pada layanan data. Pertumbuhan ini didorong pendapatan layanan data yang meningkat sebesar 6 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Pendapatan layanan data tersebut menjadi penyumbang terbesar pada total pendapatan layanan XL Axiata saat ini. Yakni sebesar 80 persen, meningkat dari 71 persen pada kuartal yang sama tahun lalu. Persentase ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pencapaian secara industri. Pencapaian ini juga membuat XL Axiata mampu mengatasi dampak negatif dari penurunan layanan “legacy” SMS dan percakapan secara lebih baik daripada operator lain. Di kuartal ke-3 ini pula, EBITDA juga mampu meningkat 9 persen QoQ dengan marjin naik menjadi 37 persen, didorong oleh peningkatan pada pendapatan dan efisiensi biaya. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, strategi transformasi yang diimplementasikan telah membantu membangun bisnis yang lebih kuat, yang tercermin pada kinerja positif hingga saat ini. Menurut Dian, sepanjang kuartal ke-3 ini, XL Axiata telah menyesuaikan tarif layanan data secara berhati-hati, antara lain dengan cara mengurangi diskon, komisi, dan beberapa elemen yang mempengaruhi tarif lainnya. Setelah pelaksanaan kewajiban registrasi kartu prabayar dan periode persaingan harga yang ketat di semester pertama tahun ini, terlihat adanya ruang untuk lebih menyehatkan kondisi industri, sehingga memungkinkan XL Axiata untuk menaikkan tarif secara selektif. Sampai dengan periode 9 bulan di tahun 2018 ini, XL Axiata mencatat total pendapatan sebesar Rp16,9 triliun. Pencapaian total pendapatan ini relatif sama dengan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya. Untuk neraca, XL Axiata tetap kuat dengan utang bersih terhadap EBITDA di 1.5x. KONSUMSI DATA MENINGKAT PESAT Menurut Dian, pencapaian XL Axiata sepanjang 9 bulan tahun ini merupakan hasil langsung dari proposisi yang kuat atas produk layanan data melalui strategidual brand, yang didukung oleh investasi secara berkelanjutan pada jaringan. Perpaduan kedua hal ini terbukti mampu meningkatkan manfaat dan pengalaman penggunaan layanan data XL Axiata yang lebih baik, serta meningkatkan monetisasi data di pasar. Strategi dual-brand, dengan merek XL dan AXIS, berhasil mengatasi segmen pasar yang terdiferensiasi melalui penawaran produk layanan data yang inovatif dan menarik. Kombinasi monetisasi data ini mampu menghasilkan kinerja yang kuat selama kuartal ini. Pada kuartal ketiga ini, produk XL meraih sukses melalui penawaran paket bundling smartphone 4G Xtream Ultima. Produk ini mampu meningkatkan adopsismartphone. Dan  saat yang sama juga mendorong penggunaan data. Sementara itu pada AXIS, ada program penambahan kuota gratis untuk akses ke layanan games dan streaming musik melalui paket 4G Owsem Bronet. Pada layanan pascabayar, XL Prioritas juga berhasil meningkatkan daya tarik melalui program Shopping Point yang mempermudah pelanggan untuk mendapatkan paket bundling dengan smartphone atau gadget pilihan. Selama periode sembilan bulan ini, XL Axiata juga telah berhasil memenangkan beberapa penghargaan dalam ajang Frost & Sullivan 2018 Asia Pacific ICT Awards, termasuk sebagai “Penyedia Layanan Data Seluler Asia Pasifik 2018”, “Penyedia Layanan Data Seluler Tahun 2018 Indonesia”, dan “Penyedia Layanan Seluler Tahun 2018 Indonesia”. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: