Do It Company Bisnis Siswa SMAN 4 Cirebon, Tas Serut Jadi Andalan

Do It Company Bisnis Siswa SMAN 4 Cirebon, Tas Serut Jadi Andalan

CIREBON-Berbisnis sedini mungkin itu yang dianut SMAN 4 Cirebon. Termasuk dengan mempersilakan para muridnya untuk berkreasi sebebas mungkin. Seperti salah satu perusahaan yang didirikan pelajar di SMAN 4 Cirebon ini. Do It Company namanya. Menjual berbagai produk tas serut dengan design yang bisa di-custom oleh pelanggan. Kini usianya sudah 1 tahun. Berawal dari tugas wajib untuk mendirikan sebuah perusahaan yang mandiri, kini sekelompok siswa-siswi di SMAN 4 Cirebon jadi asik untuk berbisnis. Seperti perusahaan yang dinamai Do It Company ini. Sesuai dengan namanya, Do It yang artinya lakukan tersebut menjadi tolok ukur siswa untuk terus melakukan yang terbaik. Produk yang menjadi andalannya adalah Tas Serut. Lantas mengapa tas serut yang dipilih untuk menjadi produk andalannya? Menurut perwakilan Do It Company yang juga siswa SMAN 4 Cirebon kelas XI IPA Hana Syarifa, mulanya tas serut dipilih karena di Cirebon sendiri tidak banyak produk serupa yang mengutamakan kepuasan konsumen. Yakni, dengan bisa memberikan kebebasan untuk memesan design produk tas serutnya sendiri. Untuk itu, kehadiran produk dari Do It Company ini dirasa bisa menjadi jawabannya. \"Di Cirebon sendiri yang menjual tas serut memang tidak banyak dan bahkan jarang ada yang jual. Untuk itu kepikiran untuk membuat tas serut yang murah tapi berkualitas dan bisa menjawab kebutuhan konsumen ingin design yang seperti apa,\" ujarnya. Namun bukan berarti konsumen bebas mendesain sendiri, produk yang dijualnya tanpa ide dari para siswa-siswi SMAN 4 Cirebon ini? Diakui Hana, pihaknya rutin membuat sendiri desain produk tas serutnya itu. Sehingga untuk motif maupun desain yang tergambar di tas serut tidak monoton. \"Kita desain sendiri, buat sendiri. Jadi yang beli juga nggak bosan dan bisa bebas mau pilih yang desain mana aja,\" tuturnya. Pihaknya pun tak ingin repot, penjualan dilakukan dengan media sosial. Baik instagram juga whatsapp bisa menjadi medianya. Dari sana, konsumen bisa melihat gambaran dari desain tas serutnya. Sebanyak 9 kategori atas kode tas pun terpampang di sana. Mulai dari Kpop, Hollywood, Manga, Tumblr Outlines, Islamic, Cartoon, Water Colour, Quotes dan Vintages atau Retro lengkap. \"Artinya kita ingin menjawab kebutuhan tas serut yang murah tapi berkualitas di Cirebon. Biarpun kami masih pelajar tapi untuk urusan kualitas kami tidak main-main,\" ucapnya. Gambar yang dipesan pun bisa bebas dipilih. Untuk pemesanan sendiri dilakukan dengan sistem pre order atau PO selama 7-10 hari penyelesaian. Diakuinya pembelinya dari berbagai kalangan. Mengingat promosi produk lebih banyak digunakan di media sosial yang jangkauan informasinya lebih luas. Meski mulanya hanya untuk tugas di sekolah sebagai pemenuhan kewajiban untuk berwiraswasta, namun diakui Hana mewakili teman-teman lainnya, membuat bisnis tas serut seru juga. \"Kita juga jadi mandiri untuk punya usaha sendiri. Jadi ketika nanti lulus itu kita sudah tahu bagaimana caranya punya perusahaan dan meng-handle sendiri perusahaan itu. Saya sudah coba dan belajar, hasilnya asik juga,\" ungkapnya. Untuk satu produk tas serutnya dikenakan harga Rp30 ribu sampai Rp50 ribu saja. Harga tersebut diakuinya tergantung dari desain dan warna pada tas serut yang dipesan. (myg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: