Siswa Kelas X SMAN 4 Sambangi Radar Cirebon

Siswa Kelas X SMAN 4 Sambangi Radar Cirebon

CIREBON – Lebih dari 350 siswa dan siswi kelas X SMAN 4 Kota Cirebon memperdalam wawasan jurnalistik dengan berkunjung ke Graha Pena Radar Cirebon, Jumat (14/4).

Dengan didampingi guru, mereka berkunjung ke Gedung Graha Pena, Studio dan Redaksi RCTV, serta diberikan materi dan melakukan tanya jawab seputar jurnalistik di Studio Kaliandra. Sambil berkunjung, para siswa dibekali tugas oleh guru dengan menjawab soal pada selembar kertas.

Pengenalan objek atau kunjungan pertama dilakukan di Redaksi Radar Cirebon Koran di Lantai 3 Gedung Graha Pena. Mereka didampingi HRD Radar Cirebon Grup, Siti Romlah.

Di ruang redaksi, para siswa begitu antusias. Melihat dan mengamati setiap benda yang ada. Paginya waktu kunjungan, kantor redaksi terlihat sepi. Mengingat wartawan serta elemen di dalamnya, baru akan bekerja ketika sore hingga malam hari, di mana berita diolah sebelum akhirnya diterbitkan kepada khalayak.

Diskusi terjalin antar masing-masing siswa. Mencoba menjawab setiap pertanyaan yang ada dalam selembar kertas yang diberikan guru. Beberapa menit kemudian, safari jurnalistik berlanjut ke Studio RCTV. Disana, para siswa diberikan wawasan oleh Pimpinan Redaksi RCTV Imam Bukhori. Imam menjelaskan seluruh fungsi dari studio yang berlokasi di lantai 2 tersebut.

Dapur atau redaksi RCTV, menjadi lokasi yang selanjutnya dikunjungi mereka. Sebelum akhirnya berkumpul di Gedung Kaliandra. Di Kaliandra, Imam kembali memberikan materi dan melakukan tanya jawab. Seputar jurnalistik dasar, dan bagaimana proses sebuah informasi di olah sebelum diterbitkan kepada kalangan luas.

Wali Kelas X MIPA IV Titi Etika mengatakan, kunjungan dimaksudkan pihak sekolah untuk menambah wawasan para siswa, khususnya tentang media. Bagaimana sebuah informasi di olah, di edit, sebelum akhirnya dikonsumsi publik. “Diantara siswa kita juga ada yang terbiasa dengan ekskul jurnalistik. Melalui kunjungan ini, mudah-mudahan bisa memantapkan karir mereka, untuk bekal di masa depan,” jelasnya. Melalui kunjungannya Titi berharap, ekstrakurikuler seputar jurnalistik yang telah ada, semakin diminati. Lebih jauh, ia juga menginginkan agar peseta didiknya tidak hanya sebatas mempelajari materi yang ada di sekolah. “Semoga ini bisa memotivasi dan memberikan pandangan dunia kerja kepada para siswa, termasuk dalam bidang media massa,” ujarnya. (ade/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: