BPBD Segera Beli Dua Alat Peringatan Dini

BPBD Segera Beli Dua Alat Peringatan Dini

CIREBON - BPBD Kabupaten Cirebon bakal membeli dua alat sistem peringatan dini (early warning system) bencana untuk ditempatkan di wilayah timur dan barat Kabupaten Cirebon.

Alat tersebut rencananya bakal dibeli di triwulan kedua tahun ini, dengan anggaran untuk masing-masing EWS-nya sekitar Rp150 juta. Alat yang dibeli tersebut, meskipun lebih murah dari alat yang dihibahkan oleh BNPB yang kini dipasang di Ciledug, namun secara penggunaan akan lebih mudah dan lebih cepat dalam penyampaian informasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra saat ditemui Radar Cirebon di kantornya, kemarin (18/2). Menurut Hendra, alat tersebut nantinya akan dipasang di wilayah Sungai Cijangkelok yang memang kerap meluap akibat banjir kiriman dari wilayah Kuningan.

“Satu alat akan kita pasang di Sungai Cijangkelok. Alat lainnya akan kita pasang di wilayah barat. Alat ini lebih simple dari alat yang ada dan sudah dipasang di Ciledug. Kalau di Ciledug hanya menginformasikan peringatan lewat sirine. Kalau alat yang baru nanti lebih canggih,” ujarnya.

Alat tersebut menurut Hendra, akan secara kontinyu melaporkan ketinggian muara air di sungai dan akan mengirimkan informasi tersebut ke handphone milik petugas ataupun warga setempat.

“Nanti secara berkala ketinggian air terus di-update. Jika sudah di level siaga atau awas, maka masyarakat harus bersiap untuk mengamankan harta benda dan nyawa ke tempat yang lebih aman. Ini lebih efektif penggunaan di lapangan,” imbuhnya.  (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: