KARS Visitasi, RSD Gunung Jati Reakreditasi

KARS Visitasi, RSD Gunung Jati Reakreditasi

CIREBON - Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSGJ) Kota Cirebon, pada Jumat-Sabtu (22-23/2), menerima kunjungan Surveior Kegiatan Survei Verifikasi 1 SNARS Ed 1 Tahun ke-2.

Kedatangan Surveior, diterima langsung oleh Ketua Dewan Pengawas Drs Sutisna MSi, Dirut RSDGJ dr Ismail Jamalludin Sp OT serta pejabat jajaran manajemen. 

Sutisna mengatakan, kedatangan Surveior Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk melakukan verifikasi akreditasi pertama. Sebelum itu, digelar paripurna telah diraih RSDGJ 1 tahun yang lalu melalui Akreditasi SNARS Edisi 1 pada Bulan Maret 2019. 

\"Sudah menjadi kewajiban RS yang telah terakreditasi untuk melaksanakan survei verifikasi (reakreditasi) setelah tahun pertama dan tahun ke dua,\" jelasnya kepada Radar, Selasa (25/2).

Disebutkannya, dari surveior Verifikasi yakni dr Rosmini Nurdin MARS dan Ns Aam Sumadi SKep MKes. Sedangkan akreditasi sendiri merupakan pengakuan dari pemerintah terhadap kualitas dan kinerja rumah sakit.

\"Semoga dengan adanya survei akreditasi ini RSD Gunung Jati bisa mempertahankan status paripurna seiring dengan meningkatnya mutu rumah sakit,\" imbuhnya.

Sementara Ismail menambahkan, dengan adanya verifikasi akreditasi ini RSGJ diharapkan tetap mempertahankan bintang 5 yang telah diraih. Melalui pokja pokja saat diverifikasi harus dalam keadaan baik.

Diharapkannya, predikat bintang 5 sebagai rumah sakit akreditasi paripurna harus dibuktikan kepada masyarakat.

Pasalnya, predikat ink diraih melalui alur yang menyangkut profesional, pelayanan medis yang menyangkut pelayanan sudah sesuai dengan peraturan menteri kesehatan. Ujungnya dapat lebih bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

\"Pada agenda hari pertama adalah telusur dokumen terkait Program Perbaikan Strategi (PPS). Ini yang menjadi pekerjaan rumah pada akreditasi sebelumnya,\" ungkapnya.

Disampaikan Ismail, banyak masukan berharga dari para surveior untuk perbaikan regulasi dan dokumen RSD Gunung Jati.

Hari kedua berikutnya, surveior melakukan telusur lapangan untuk memverifikasi kesesuaian regulasi dengan  pelayanan.

\"Kepedulian, semangat, kekompakan dan keramahan seluruh karyawan RSGJ dalam survei verifikasi ini mendapatkan apresiasi dari para surveior. Namun demikian, menurut para surveior masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien,\" pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: