Edo Lantik Karang Taruna Kuningan

Edo Lantik Karang Taruna Kuningan

KUNINGAN – Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi resmi melantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan periode 2020-2025 di Pendopo setempat, Kamis (5/3). Pelantikan ini dilakukan, usai Elon Carlan MPd terpilih untuk memimpin organisasi Karang Taruna Kabupaten Kuningan dalam lima tahun mendatang.

Ketua Karang Taruna Kuningan Elon Carlan MPd mengajak pengurus baru berkomitmen menjadi teladan dan memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Sebab hakekatnya, karang taruna ada untuk membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan beragam permasalahan sosial di masyarakat.

“Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita samakan visi misi dan persepsi kita sebagai pengurus karang taruna. Tujuan akhir dari pada kita adalah rahmatan lil alamin, karang taruna bermanfaat bagi semua masyarakat,” ajak Elon Carlan saat memberikan sambutan.

Pria yang juga menjabat sebagai Kabid PAUD/Dikmas pada Disdikbud tersebut menekankan, agar pengurus bersama-sama membuat skala prioritas program yang bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat.

“Banyak hal yang perlu kita lakukan, tidak perlu terlalu muluk-muluk, mari kita tengok kebutuhan kita di antara kita sendiri, persoalan masalah sosial, persoalan ketenagakerjaan, persoalan ekonomi. Mari kita nanti memulai dengan pengembangan ekonomi kreatif perdesaan, pengembangan upaya pembukaan kesempatan ketenagakerjaan, kesempatan pendidikan, mari kita lakukan bersama-sama,” tegas dia.

Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi mengungkapkan, karang taruna merupakan organisasi yang menjadi wadah generasi muda, dengan memiliki tugas membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Selain itu, karang taruna juga mempunyai tugas menjaga pancasila sebagai ideologi negara.

“Karang taruna harus selalu bersinergi dengan pemerintah, karang taruna tidak boleh bermusuhan dengan pemerintah. Karena karang taruna tidak akan bergerak tanpa ada support dari pemerintah,” ujarnya.

Meski bukan organisasi bisnis, bukan berarti karang taruna tidak boleh mencari keuntungan dalam bidang usaha. Justru, karang taruna harus mampu membangun perekonomian dengan keuntungan yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat. “Sebagai wadah pemuda, karang taruna diharapkan menjadi pembentuk karakter generasi muda dan memiliki inovasi-inovasi dalam melaksanakan tugas, terutama tugas membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan sosial,” sebut wabup.

Diharapkan, karang taruna ke depannya memiliki kemandirian dan mampu menjaga kepercayaan dari mitra kerja. “Saya ucapkan selamat kepada ketua dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan yang baru dilantik. Selamat bertugas dan menjalankan amanah dengan baik,” pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: