Awali Safari Rajab di Leuwimunding

Awali Safari Rajab di Leuwimunding

MAJALENGKA - Memaknai Isra Miraj, Pemerintah Kabupaten Majalengka melaksanakan Safari Rajab 1441 Hijriah di Masjid Jami Darul Mutaqin, Kecamatan Leuwimunding, Senin, (9/3). Kegiatan safari Rajab tidak hanya diikuti oleh unsur Muspika dan juga masyarakat Kecamatan Leuwimunding saja, namun diikuti oleh dua kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Rajagaluh dan juga Sindangwangi.

Dalam sambutannya Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd mengatakan kegiatan safari rajab ini dilaksanakan dalam rangka memaknai Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan dibagi menjadi tiga tim, bupati, wakil bupati dan juga sekda yang menyebar di 26 Kecamatan.

Kegiatan safari rajab ini sebagai cara bupati dan wakil bupati serta juga sekda menjalin silaturahmi kepada warga Majalengka. Selain itu juga merupakan cara yang efektif dalam menyampaikan beberapa informasi kebijakan kepada masyarakat serta pemerintahan di desa.

\"Leuwimunding ini merupakan lokasi atau tempat pertama kegiatan safari Rajab. Saya menyikapi kondisi yang terjadi saat ini, dunia sedang dihadapkan dengan dua permasalahan besar yakni cuaca buruk yang berakibat banjir serta juga longsor dan virus Corona yang banyak menelan korban,\" ujarnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat Majalengka berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa dilindungi. Perbaiki perilaku hidup, di antaranya perilaku hidup sehat serta juga harus senantiasa menjaga dan melestarikan alam supaya terhindar dari bencana.

Ditambahkan, dalam menanggulangi bencana alam di antaranya banjir dan juga longsor, para kepala desa diminta mengingatkan masyarakatnya agar meningkatkan kewaspadaan. Hal itu bisa diwujudkan dalam menggiatkan kembali ronda malam yang akan membantu deteksi dini ketika terjadi bencana.

\"Jadikan ini semua sebagai peringatan Allah SWT. Perbanyak berdoa, kepada para kepala desa gunakan momen Rajaban ini untuk mengadakan istighotsah, lakukan Qunut Nazila sesuai edaran MUI Pusat,\" pesan Bupati.

Kegiatan tersebut diwarnai penyerahan bantuan sarana ibadah kepada tiga kecamatan. Masing-masing mendapat satu paket sarana bantuan dan 10 paket bantuan untuk lansia. Paket bantuan tersebut diserahkan langsung bupati kepada Camat Leuwimunding.

Sementara itu, Camat Leuwimunding Aay Kandar SSTP menambahkan selain memaknai Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini juga merupakan bentuk komunikasi pimpinan bersama masyarakat. Pihaknya juga menyampaikan beberapa program Bupati Majalengka dan wakil bupati kepada masyarakat khususnya di kecamatan Leuwimunding baik di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi.

Pihaknya yang mewakili penyampaian tiga kecamatan yakni Rajagaluh, Sindangwangi dan Leuwimunding menjelaskan ketiga wilayah ini sudah menjalin hubungan yang baik.

\"Beberapa di antaranya soal sektor wisata. Banyak objek wisata yang menjanjikan di tiga kecamatan ini. Di Leuwimunding juga memiliki satu ikon yang membanggakan yakni Alun-alun Leuwimunding. Ke depan, alun-alun Leuwimunding ini akan diusulkan menjadi taman kota,\" tandasnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: