Cegah Corona, ACT Cirebon Lakukan Disinfektanisasi di Fasilitas Publik

Cegah Corona, ACT Cirebon Lakukan Disinfektanisasi di Fasilitas Publik

CIREBON - Penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah sampai pada fase yang tidak bisa dianggap remeh, termasuk di Kota/Kabupaten Cirebon. 

Mencegah penyebaran Corona, Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) melakukan aksi penyemprotan disinfektan ke sejumlah masjid.

Nurwita selaku koordinator aksi menuturkan Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon turun ke masjid-masjid tersebut mulai sejak Jumat (20/3) hingga Sabtu (21/3).

\"Kegiatan ini dilakukan sebagai kepedulian ACT Cirebon dalam menekan kemungkinan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Masjid yang digunakan Sholat berjamaah,\" tuturnya.

Diungkapkan Nurwita, pada hari Jumat (20/03) tim Relawan ACT juga sudah melakukan penyemprotan di Masjid Hijau, Grage City Mall sekaligus pembagian masker pada jamaah.

\"Kemudian aksi  apda hari Sabtu (21/03/2020) ACT Cirebon mendatangi dan melakukan penyemprotan di tiga lokasi yakni Masjid Al Iman dan Masjid Al Ikhlas di Kebarepan Plumbon Kabupaten Cirebon serta Masjid Asy Syuro di Sukapura Kota Cirebon ditambah satu Pesantren di Bode, Plumbon yaitu Pesantren Al Furqon,\" ungkapnya.

Menurut Nurwita, penyemprotan disinfektan tersebut akan menjadi program yang akan berlanjut dalam sepekan ke depan dengan tujuan sebagai langkah preventif penyebaran virus terutama Corona.

\"TIM ACT juga melakukan edukasi secara langsung pada pengurus Masjid tentang pencegahan penyebaran virus Corona dengan penerapan pola hidup sehat. Sasaran penyemprotan utama kami Masjid, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Banyak permintaan penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah warga tapi belum bisa kami penuhi karena keterbatasan relawan,\" ujarnya. 

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, masih kata Dia, rencananya tim ACT Cirebon juga akan membagikan hand sanitizer dan operasi pangan gratis sebagai bentuk apresiasi untuk petugas medis di rumah sakit. 

“Kami mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan semangat gotong-royong sebagai nilai utama kita sebagai sebuah bangsa,\" pungkasnya.

ACT Cirebon mengajak masayarakat Cirebon bergotong royong menghadapi wabah Covid-19 dengan membuka Posko #BersamaLawanCoron di Jalan Ariodinoto No. 10 D, Lemahwungkuk Kota Cirebon dan layanan care line di (0231) 833 7101. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: