Relawan Sunalari Bagikan 1.600 Masker

Relawan Sunalari Bagikan 1.600 Masker

MAJALENGKA - Guna mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona, relawan penanganan Covid-19 Desa Sunalari, Kecamatan Cikijing melakukan penyemprotan disinfektan tahap 3 dan pembagian 1.600 masker ke semua masyarakat di desa tersebut, Sabtu (11/4).

Kepala Desa Sunalari sekaligus Ketua Tim Relawan Covid-19, Dadang Kurniawan menjelaskan penyemprotan cairan disinfektan merupakan bentuk kesiagaan pihaknya dalam mewaspadai atau mengantisipasi covid-19.

\"Kegiatan penyemprotan ini juga atas dasar instruksi dari pemerintah baik pusat maupun daerah, dalam memutus mata rantai virus corona agar tidak sampai menjalar kemana-mana,\" jelasnya.

Dalam aksi yang sudah dilakukan ketiga kalinya, Kades Sunalari menyampaikan disamping melakukan penyemprotan juga dilakukan pembagian masker kepada seluruh masyarakat baik yang berada di rumah ataupun yang berada di luar rumah seperti fasilitas umum yang berada di Desa Sunalari. Pembagian masker kepada warga agar mereka terbiasa dan selalu memakai masker ketika hendak beraktivitas.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Forkopimcam sebagai bentuk kewaspadaan, seperti ketika para pemudik yang baru pulang dari perantauan langsung melapor dan melakukan tes ke posko yang sudah disiapkan. Setelah dilakukan tes mereka harus berdiam di rumah atau isolasi mandiri selama 14 hari.

\"Alhamdulillah mereka yang datang dari perantauan sehat dan aman,\" tandas Dadang.

Sampai sejauh ini sudah hampir 60 pemudik yang datang dari kota dan sudah didata dan selalu diawasi selama 14 hari. Bagi yang memaksa untuk keluar rumah langsung ditegur untuk kebaikan seluruh masyarakat. Dadang juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menjaga lingkungan, supaya selalu tetap bersih dan harus menjaga jarak satu sama lainnya.

Dirinya berharap pandemi virus Corona cepat berlalu, agar masyarakat bisa tenang, tentram, damai dan tidak panik lagi. Apalagi kurang lebih dua minggu ke depan akan memasuki bulan suci Ramadan. Dadang juga mengajak masyarakat agar selalu berdoa dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, agar diberi keselamatan dan kesehatan dan dijauhkan dari marabahaya.

\"Kalau bukan dari kita untuk kita, mau dari siapa lagi. Harus timbul kesadaran dari diri sendiri, dan selalu mengingatkan sert saling menjaga,\" pungkas Dadang. (iim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: