Para Artis Bakal Dapat Kartu Prakerja karena Terdampak Covid-19

Para Artis Bakal Dapat Kartu Prakerja karena Terdampak Covid-19

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio berencana memberikan kartu prakerja bagi para artis. Rencana itu terkait upaya pemerintah membantu para artis di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Wishnutama beralasan, para seniman dan pelaku industri entertainment juga terdampak Covid-19. Sehingga menurutnya, para pelaku seni dan industri entertainment layak mendapat kartu prakerja.

\"Kami sudah bicara dengan para seniman, dengan para ekraf (ekonomi kreatif) yang berkaitan dengan ini memang para pelaku seniman ini sangat terdampak juga. Dari musisi, pemain drama, artis, bahkan penari dan lain sebagainya ini mereka sangat terdampak karena banyak mereka tidak bisa melakukan pekerjaannya secara rutin lagi,\" kata Tama saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI melalui telekonferensi, Senin (6/4), dikutip dari detikom.

Salah satu yang ikut teleconference yang digagas Wishnutama itu, hadir Ketua Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo), Nanda Persada. Dia mengapresiasi wacana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama.

\"Ada beberapa pertemuan yang saya ikuti, yang pertama dengan menteri dan wamen beserta jajaran, sama para pelaku industri entertainment, ekonomi kreatif. Saya sebagai ketua Imarindo, ada dari asosiasi TV swasta, industri film dan banyak stakeholder. Ngobrol banyak, setelah itu menteri ingin ngobrol sama artis, lalu dibuatkan teleconference, di situ ada seniman dari berbagai bidang, ada YouTuber dan selebgram juga, di situ kita ngobrol bareng, ada keluhan dan apa yang harus kita lakukan ke depan,\" kata Nanda.

\"Banyak yang dibicarakan, terakhir, saya ngobrol sama staf ahli beliau, Ari Juliano, itu bicara soal kartu prakerja, akhirnya dibuatkan template. Imarindo untuk manajer artis, kru, asisten di artis manajemen, mengisi formulir untuk didaftarkan kartu prakerja.\"

Menurutnya, para pelaku seni bakal mendapatkan semacam bantuan langsung tunai setiap bulannya. Selain itu, ada juga kursus online secara gratis. (dtk/hsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: