PWI Minta DPRD Lebih Aktif Atasi Corona

PWI Minta DPRD Lebih Aktif Atasi Corona

CIREBON - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon Moh Noli Alamsyah meminta Ketua DPRD Kota Cirebon Affiati dan semua anggota DPRD lebih aktif ikut berperan mengatasi virus corona atau Covid-19. Ketua DPRD sebagai bagian dari Gugus Tugas Covid-19 harus tampil dan bersinergi dengan Pemkot Cirebon. Sebagai unsur pimpinan daerah, ketua DPRD dan walikota dituntut bekerja sama dalam satu barisan.

\"Ketua DPRD komandoi para anggota dewan untuk turun semua ke lapangan, dengarkan keluhan dan bantu kesulitan rakyat. Corona mengakibatkan banyak pekerja yang di-PHK, usaha berjualan lesu, sopir angkutan berkurang pendapatan, ojek online sepi, bahkan banyak yang mulai susah memenuhi kebutuhan sehari-hari. Para anggota dewan yang dipimpin ketua DPRD harusnya membantu kesulitan masyarakat dan bersinergi dengan pihak pemerintah daerah,\" tandas Noli melalui rilis yang diterima Radar Cirebon, Selasa (14/4).

Adanya warga Kota Cirebon yang meninggal dengan hasil medis positif corona, harus disikapi dengan lebih serius. Noli mengatakan ketua DPRD idealnya berdiskusi dengan walikota dan unsur lainnya dalam mencari langkah cepat, tepat dan cermat, sehingga Covid-19 tidak menyebar, serta kembali memakan korban jiwa.

\"Walikota Cirebon bersama jajarannya sudah terlihat bekerja. Hanya saja, pimpinan DPRD belum aktif membawa gerbong legislatif. Kalau tidak mau disebut diam atau tidak peduli rakyat, ketua DPRD harus segera tampil. Bangun sinergi antara legislatif dengan eksekutif. Lakukan rapat dengan pihak eksekutif membahas anggaran bantuan untuk rakyat. Saat ini yang tepat adalah alokasikan anggaran untuk memberi bantuan langsung kepada warga Kota Cirebon,” lanjut ketua PWI.

Dirinya mengemukakan, wabah corona berdampak luar biasa menyentuh semua lapisan dan menimbulkan banyak kesulitan. Rakyat sudah waktunya dibantu dalam pemenuhan kebutuhan sembako dan kurangi bebannya, seperti beban listrik dan PDAM. “Ini soal nasib kurang lebih 400 ribu warga Kota Cirebon. DPRD harus tergerak, lebih aktif lagi,” pintanya.

PWI Cirebon sebagai bagian dari elemen masyarakat, tambah Noli, berkewajiban mengingatkan ketua DPRD Kota Cirebon untuk segera bergerak dan bertindak. Bangun kerja sama yang baik dengan walikota sebagai pimpinan di lembaga eksekutif.

Dia berharap langkah cepat, tepat, dan cermat yang dibangun ketua DPRD dengan walikota bisa menghasilkan keputusan terbaik demi kelangsungan hidup rakyat. Terlebih, Ramadan sudah di depan mata. Rakyat tentu membutuhkan banyak bantuan dalam pemenuhan kebutuhan di bulan Ramadan. (rls/mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: