Cegah Corona, Pemkot Cirebon Terapkan Belanja di Pasar Sistem Online

Cegah Corona, Pemkot Cirebon Terapkan Belanja di Pasar Sistem Online

CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon melakukan uji coba transaksi daring atau online untuk pembelian barang kebutuhan pokok di pasar dengan sistem daring (Belanja Online)

Belanja daring atau online ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota Cirebon untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid 19. Belanja online ini dimaksudkan agar masyarakat tetap aman saat berada di rumah.

\"Dalam upaya pencegahan virus Covid 19 dan untuk membuat masyarakat aman serta bisa memenuhi kebutuhan pokoknya. Pemkot melakukan uji coba belanja online ini untuk masyarakat Kota Cirebon, dan masyarakat bisa memanfaatkannya untuk belanja secara jarak jauh (melalui smartphone) aplikasi WA,\" ujar Direktur Utama Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon, Akhyadi SE saat menggelar jumpa pers di kantornya, Rabu (15/4).

https://www.youtube.com/watch?v=wUL5rOLqgJc&feature=youtu.be

Akhyadi menjelaskan, belanja online ini konsumen tinggal memesan melalui WhatsApp (WA) ke setiap kepala pasar masing-masing selaku koordinator dengan menyebutkan jenis belanjaan dan alamat, selanjutnya kepala pasar menyampaikannya ke pedagang untuk menyiapkan barang sesuai pesanan selanjutnya diantarkan ke alamat pemesan.

\"Kami hanya melayani pengantaran hanya dalam Kota Cirebon saja. Untuk di luar Kota Cirebon tidak dilayani. caranya konsumen tinggal pilih pasar mana yang terdekat. Selanjutnya masyarakat tinggal menghubungi dan melakukan negosiasi tawar menawar dengan kepala pasar selaku koordinator. Setelah sudah sepakat, maka barang yang dipesan akan diantarkan oleh petugas pasar,\" jelasnya.

Masih kata Akhyadi, program belanja online ini masih tahap uji coba. \"Uji coba belanja tradisional ini berlaku pada jam operasional mulai jam 06.00-12.00 WIB. Tidak menutup kemungkinan ke depannya antar pedagang dengan konsumen melakukan belanja dengan cara online,\" pungkasnya. (rdh)

Berikut Daftar 8 Pasar yang melakukan belanja online :

  1. Pasar Kanoman
  2. Pasar Pagi
  3. Pasar Kramat
  4. Pasar Jagasatru
  5. Pasar Drajat
  6. Pasar Gunung Sari
  7. Pasar Harjamukti
  8. Pasar Perumnas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: