Desa Perbatasan Butuh Perhatian Pemkab Cirebon

Desa Perbatasan Butuh Perhatian Pemkab Cirebon

CIREBON - Wilayah Cirebon timur masih minim perhatian Pemerintah Kabupaten Cirebon, khususnya bidang infrastruktur. Terbukti jalan akses utama satu-satunya Desa Tanjung Anom, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirbon, mengalami kerusakan dan belum diperbaiki.

Menurut Kuwu Tanjunganom, Dara Darmanto mengatakan, jalan yang baik tentunya dambaan masyarakat. Namun, kondisi berlubang dan berbatu yang ada saat ini mempersulit warga untuk beraktivitas.

\"Diharapkan ada perhatian serius dari pihak terkait memperbaiki jalan di desa ini,\" ujarnya.

Dara mengungkapkan, jalan yang menghubungkan desanya dengan Kabupaten Kuningan dan Brebes menjadi alternatif masyarakat dan desa tetangga ke luar daerah. Namun, kondisinya sangat memprihatinkan.

\"Sangat banyak manfaat jalan ini bagi masyarakat, maka perlu segera dilakukan perbaikan. Sebagai desa perbatasan, perlu perhatian serius dari dinas terkait. Salah satunya, jalan poros kabupaten yang memprihatinkan. Sehingga perlu untuk segera diperbaiki,\" tuturnya.

Menurut Dara, jalur alternatif tersebut merupakan akses bagi warga desa ini dan masyarakat lain untuk ke Kuningan dan Brebes. Jika jalan ini diaspal sekitar tiga kilometer, maka mempersingkat waktu tempuh. Daripada memutar ke Waled atau Losari ke dulu, untuk sampai ke Kuningan maupun ke Brebes.

\"Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan jalanan rusak. Baik jalan poros desa maupun kabupaten, bahkan jembatan penghubung antar dusun nyaris ambruk. Material yang terbawa banjir mengakibatkan jembatan nyaris putus. Perlu perhatian serius dari pihak terkait pascabanjir,\" ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Mad Saleh mengungkapkan, kondisi jalan yang baik dambaan seluruh masyarakat. Namun, terkesan belum ada perhatian untuk segera diperbaiki. Sehingga, masyarakat yang terkena imbasnya.

\"Cirebon Timur sangat membutuhkan perhatian serius dari kabupaten, khususnya jalan yang layak. Terlebih desa perbatasan, yang relatif jauh dari berbagai tempat. Maka, perlu segera dibenahi,\" tuturnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: