Puluhan Karyawan BIJB Ikut Aksi Sosial Donor Darah

Puluhan Karyawan BIJB Ikut Aksi Sosial Donor Darah

MAJALENGKA - Puluhan pegawai kantor Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan itu turut mendukung ketersediaan darah di UTD PMI Majalengka.

Seorang pegawai BIJB, Subhan menyatakan, meskipun di BIJB tidak ada aktivitas penerbangan untuk sementara lantaran pandemi Covid-19, tetapi sebagian karyawannya tetap masuk.

“Kami rutin melaksanakan donor darah setiap 3 bulan sekali sebagai wujud kepedulian sosial untuk membantu pasien yang membutuhkan saat paandemi Covid-19 ini,” ujar Subhan, belum lama ini.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cabang Majalengka, dr Neneng Ari Latifah didampingi Kabid Pelayanan, Andi Puji Santoso bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian BIJB Kertajati dalam memenuhi kebutuhan darah di UTD PMI Majalengka. Diakuinya karena pandemi Covid-19 ini tidak sedikit agenda donor darah yang dibatalkan. Karena itu, stok darah pun berkurang.

Disebutkan Andi, untuk kegiatan di BIJB, yang mendaftar sebanyak 50 orang. Sementara yang layak mendonorkan darahnya sebanyak 38 orang.

“Insya Allah pada Selasa (21/4) akan kembali melaksanakan kegiatan donor darah di BIJB dan terbuka untuk umum,” tuturnya.

Ditambahkan, PMI menerjunkan 8 tim untuk kegiatan donor darah di BIJB.
Diakuinya, saat ini para pendonor yang datang ke Unit Transfusi Darah PMI Cabang Majalengka jumlahnya menurun, hanya mencapai 20 hingga 30 orang per hari.

“Yang donor ke kantor kebanyakan donor pengganti (keluarga) antara 20 sampai 30. Sedangkan kebutuhan darah sehari bisa sekitar 40 sampai 50 kantong darah,” kata Andi.

Ia pun berharap di tengah pandemi ini, masyarakat juga tetap membantu PMI untuk menyediakan kebutuhan darah. Karena kebutuhan darah setiap harinya cukup tinggi. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: