Semua Pasien Positif Corona Kuningan Dirawat di Eks RS Citra Ibu

Semua Pasien Positif Corona Kuningan Dirawat di Eks RS Citra Ibu

KUNINGAN - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kuningan Susi Lusiyanti, memastikan semua pasien positif Covid-19 atau Corona, saat ini dirawat di eks Rumah Sakit Citra Ibu (RSCI).

“(pasien positif aktif) sudah dirawat semua di CI (eks RSCI, red),” kata dr Susi saat dikonfirmasi Radar Kuningan.

Terkait seorang pasien positif aktif yang sudah membaik dan sudah dipulangkan dari RSUD 45 Kuningan, Susi mengatakan, hingga saat ini masih menunggu hasil Swab dari Bandung, untuk memastikan yang bersangkutan sembuh secara total.

“Yang (pasien positif aktif) Cilebak, masih menunggu hasil Swabnya,” singkat dr Susi, seraya kembali menegaskan semua pasien positif Corona sudah dirawat di eks RSCI.

Susi yang juga salah satu juru bicara Crisis Center Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan itu, kembali merilis update data kasus Covid-19 di Kuningan tertanggal 24 April 2020, pukul 09.00 WIB. Data ini terus menunjukkan penambahan kasus dengan angka sudah mencapai 1.622 kasus, terdiri dari 169 OTG (Orang Tanpa Gejala), 1.371 ODP (Orang Dalam Pemantauan), dan 82 PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Rinciannya, dari 82 orang PDP, telah selesai pengawasan sebanyak 36 orang, dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 46 orang. Untuk jumlah total Rapid Positif terdapat sebanyak 9 orang, terdiri dari 8 orang dalam pengawasan, meninggal rapid positif 1 orang. Jumlah tersebut terdiri dari laki-laki 51 orang, perempuan 31 orang.

Terkait jumlah total kasus positif aktif Covid-19, terdata sebanyak 6 orang, satu di antaranya sudah meninggal dunia. Mereka terdiri dari laki-laki 5 orang, dan perempuan 1 orang.

Sedangkan data ODP dengan jumlah total 1.371 orang, di antaranya sudah selesai 1.292 orang, dan sisanya masih pemantauan sebanyak 79 orang. Mereka terdiri dari laki-laki 933 orang dan perempuan 438 orang.

Untuk rincian OTG dengan total 169 orang, telah selesai pengawasan sebanyak 105 orang, dan masih dalam pengawasan sebanyak 64 orang.

Keterangan berbeda diperoleh dari Direktur RSUD Linggajati Edi Martono, yang menyebut adanya 1 pasien yang diduga terindikasi positif Covid-19 tengah dirawat di RSUD Linggajati. Pasien tersebut warga dari Kecamatan Cigandamekar.

“Iya betul. Pasien tersebut masuk ke RS Linggarjati sejak tanggal 9 April 2020. Sampai sekarang pasien masih dirawat di ruang isolasi RSUD Linggajati,” kata Edi.

Ia menjelaskan, tertanggal 14 April 2020 hasil swab yang bersangkutan dikirim ke Puslitbang Kes Bandung, kemudian keluar hasilnya positif tertanggal 21 April 2020. (muh)

Kepala Dinkes Kuningan Susi Lusiyanti didampingi Kabid Pencegahan dan pengendalian Penyakit, Denny Mustafa, saat memberikan keterangan pers. FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: