Pepes Nasi Bakar Isi Ayam, Sajian Nikmat saat Sahur

Pepes Nasi Bakar Isi Ayam, Sajian Nikmat saat Sahur

HIDANGAN yang disantap saat makan sahur adalah asupan yang penting untuk menjaga kondisi fisik tetap prima selama menjalani ibadah puasa selama hampir 14 jam.

Komposisi gizi yang seimbang, antara karbohidrat, vitamin, dan serat, menjadi pendukung kebugaran fisik selama menjalani puasa.

Salah satu menu yang bisa menambah energi dan stamina dengan rasa yang lebih nikmat, adalah pepes nasi bakar isi ayam. Menu rumahan ini, dapat disiapkan pembuatanya ketika malam hari.

Daging ayam mesti diungkep terlebih dahulu selama 30 menit dengan bumbu rempah, atau bisa juga dengan bumbu kuning. Setelah air kaldu menyusut, bisa dimasukkan nasi ke dalam wajan atau panci, dikecilkan apinya sambil diaduk agar bumbu ungkep tercampur dengan nasinya.

Setelah tercampur, angkat dan dinginkan sebentar. Siapkan beberapa helai daun pisang, kemudian bungkus ayam bercampur nasi, bisa ditambahkan daun kemangi, atau cabai rawit utuh di dalam bungkusan. Kemudian, kukus bungkusan pepes tersebut selama 30 menit.

Setelah prorses pengukusan tersebut, sebetulnya pepes ayam sudah bisa dihidangkan. Namun, berhubung menu tersebut hendak disantap pada waktu sahur, bisa kembali dihangatkan dengan dikukus 5-10 menit, atau dipanggang di atas teflon dengan api kecil agar tetap hangat saat dihidangkan.

Kandungan rempah dan aroma ayam dalam pepes tersebut, pasti akan menambah selera makan saat santap sahur. Terlebih lagi, menu yang minim penggunaan minyak dan pemrosesan yang tidak digoreng, membuat menu santap sahur tersebut lebih rendah kolesterol sehingga tetap menjagai keseimbangan gizi untuk berpuasa. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: