Penghimpunan Zakat Tembus Rp70 juta

Penghimpunan Zakat Tembus Rp70 juta

CIREBON - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melakukan penghimpunan zakat dari muzaki (orang yang bayar zakat). Hingga Kamis (7/5) sudah terhimpun Rp70,1 juta.

Sebagian besar yang sudah masuk berasal dari zakat fitrah dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon, sekolah, hingga badan layanan umum daerah (BLUD). Termasuk zakat profesi dan sedekah.

Ketua Baznas Kota Cirebon,  M Taufik MAg menjelaskan, penghimpunan zakat fitrah telah berlangsung sejak awal Ramadan. Khusus zakat fitrah yang terhimpun sebesar Rp69.265.000. Yang paling besar dari Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati sebesar Rp44.240.000 dengan jumlah muzaki 1.264 orang. “Selebihnya dari dinas pendidikan, SMP, UPTD Kecamatan Pekalipan, dinas perhubungan, dinas lingkunhan hidup, BKD, KPBD hingga zakat fitrah dari keluarga,” ujar Taufik, kepada Radar Cirebon, didampingi Komisioner Baznas Fatihul Muhadi dan Nasuha.

Angka perolehan zakat fitrah ini, kata Taufik, akan terus bergerak. Karena belum semua sekolah, kelurahan, kecamatan yang masuk ke Baznas. “Insya Allah angka ini akan terus bergerak hingga malam takbiran,” tuturnya.

Untuk itu dirinya mengajak umat Islam khususnya muzaki untuk segera menyetorkan zakat melalui Baznas. Tidak hanya zakat fitrah, tapi juga zakat mal dan zakat profesi, karena dari dana zakat inilah akan membantu pemerintah menyelesaikan persoalan sosial di Kota Cirebon, mulai rumah tidak layak hunig (rutilahu), bantuan kursi roda, kaki palsu hingga modal usaha kecil untuk dhuafa. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: