Lawan Pandemi Covid-19, Nelayan Indramayu dengan KPA Jakarta Barter Produk

Lawan Pandemi Covid-19, Nelayan Indramayu dengan KPA Jakarta Barter Produk

INDRAMAYU - Serikat Nelayan Indonesia (SNI) Indramayu dan Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) Jakarta melakukan transaksi barter produk olahan Ikan dengan beras senilai 11, 5 juta rupiah. Transaksi barter tersebut merupakan aksi solidaritas lumbung pangan nelayan melawan pandemi Covid-19 di Sekretariat SNI Indramayu Desa Pabeanidik, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Kamis (14/5).

Semakin merebaknya wabah Covid-19 sangat berdampak pada kondisi ekonomi nelayan kapal di Indramayu. Harga berbagai komoditi hasil tangkapan nelayan semuanya mengalami penurunan harga.

Bahkan sebagian nelayan, terpaksa harus berhenti melakukan aktivitas penangkapan Ikannya. Padahal itu satu-satunya mata pencaharian mereka.

Kondisi yang serba sulit, ditambah kebijakan Pemerintah Indramayu yang memberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) membuat ruang gerak nelayan semakin sempit. Jika keadaan demikian terus berlanjut, kemungkinan dampak terburuknya adalah kelangkaan bahan pangan sehingga memicu kelaparan massal.

\"Bahan pangan yang SNI barter ada 3 jenis, Abon Tongkol 35,5 kg dibungkus per 120 gram berjumlah 294 bungkus. Lalu Gesek Layur 11,6 kg dibungkus per 100 gram jumlahnya 116 bungkus. Kemudian Teri Jengki rebus 50 kg dibungkus per 500 gram ada 100 bungkus,\" terang Budi Laksana selaku Sekretaris Jenderal SNI.

Adapun KPA bekerja sama dengan perwakilan buruh dari Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (FBTPI-KPBI) memberikan produk barter berupa beras 1 ton yang dibungkus per 5 kg berjumlah 200 bungkus.

\"Barter yang dilakukan selasa (12/5) kemarin sudah kedua kalinya, setelah sebelumnya dengan paguyuban petani dari Kecamatan Kertasemaya 2 kwintal beras. Rencana beras ini akan kami jual dengan harga murah dibanding harga pasar untuk umum, namun lebih kami prioritaskan nelayan pra-sejahtera. Sebagiannya akan kami sisihkan untuk bantuan sosial bagi para nelayan yang sangat membutuhkan,\" paparnya kepada radarindramayu.id saat disambangi di Sekretariat SNI Indramayu, Kamis (14/5).

Penyerahan barter tersebut dihadiri Akhmad Kusnanto selaku koordinator Lumbung Pangan Nelayan, Budi Laksana sebagai Sekjen SNI serta beberapa perwakilan anggota SNI Indramayu, Rudi Casrudi perwakilan KPA Jakarta dan M Arira Fitra perwakilan buruh dari FBTPI-KPBI Jakarta.

\"Semoga aksi ini bisa terus berlanjut untuk membantu para petani maupun nelayan yang terdampak langsung Covid-19, dan bisa diikuti oleh organisasi lain untuk meminimalisir krisis yang lebih besar lagi,\" pungkasnya. (jml/cup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: