Bupati Imron Persilakan Pesantren Beroperasi

Bupati Imron Persilakan Pesantren Beroperasi

CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon mempersilakan pesantren yang ada di Kabupaten Cirebon untuk beraktivitas kembali. Tentu dengan syarat, menerapkan protokol kesehatan covid-19 bagi para santri dan pengajarnya.

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg kepada Radar Cirebon mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan perwakilan pesantren yang ada di Kabupaten Cirebon. Pada kesempatan itu, intinya mereka meminta agar bisa diizinkan kembali beraktivitas.

Mendengar aspirasi itu, pihaknya memandang jika pesantren sudah selayaknya bisa beraktivitas kembali. Karena pesantren banyak sekali pelajarannya. Kalau sudah libur terlalu lama, nanti khawatir para santri akan lupa pelajaran yang telah diajarkan. Karena pelajaran yang ada di pesantren, jauh lebih banyak ketimbang di sekolah formal.

Pihaknya telah mendiskusikan dan membahas pembukaan kembali pesantren dengan SKPD terkait. “Kita sudah putuskan berdasarkan pembahasan dengan dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kesra dan lainnya,” ujarnya.

Mantan kepala Kemenag Kabupaten Cirebon ini hanya menekankan, agar pesantren bisa secara konsisten menerapkan pola protokol kesehatan covid-19. Seperti wajib menggunakan makser, jaga jarak antar santri dan ustadz, dan lainnya. Sehingga ilmu didapat, kesehatan juga tetap terjaga.

“Nanti bisa kita bantu swab test atau rapid test. Nanti kita lihat kapan kira-kira pondok pesantren siap,” ungkapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: