Hari Kedua Tanpa Gangguan Server

Hari Kedua Tanpa Gangguan Server

CIREBON - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SLB, sempat mengalami gangguan di hari pertama. Namun, pada hari kedua relatif berjalan lancar. Di SMAN 1 Cirebon misalnya, kesibukan pelaksanaan PPDB hanya terlihat di ruang verifikasi pendaftaran.

Ketua Pelaksana PPDB Online SMAN 1 Cirebon, Deddy Kenedy mengatakan pelaksanaan PPDB Online di hari kedua berjalan lancar. Tak ada hambatan yang berarti. Pendaftaran yang masuk melalui online pun langsung bisa diverifikasi berkas dan data datanya oleh operator.

“Kebanyakan pendaftaran yang sudah masuk dilakukan dari sekolah asal. Ada juga yang pendaftaran mandiri tapi jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujar Deddy, kepada Radar Cirebon, Selasa (9/6).

Untuk PPDB tahap pertama yang digelar 8 juni sampai 12 Juni akan dibuka untuk jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua yang total mendapatkan presentase sebanyak 50 persen. Sedangkan tahap kedua untuk jalur zonasi pada 25 Juni-1 Juli 2020.

Sementara beberapa masalah yang masih terjadi adalah kekurangan berkas berkas pendaftaran yang masuk dari pendaftar. Namun demikian, hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan menghubungi pendaftar atau sekolah asalnya. “Sudah bisa langsung dilihat dan diverifikasi. Kalau ada yang belum lengkap, bisa langsung dihubungi apa saja kekuranganya untuk kemudian diperbaiki,” lanjutnya.

Pelaksanaan PPDB Tahun 2020/2021 Jabar sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 44 Tahun 2019 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar Nomor 37 Tahun 2020 tentang PPDB pada SMA/SMK/SLB. Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri maupun oleh sekolah asal.

Terdapat empat jalur pada PPDB SMA yakni jalur zonasi dengan kuota minimal 50 persen, prestasi dengan kuota minimal 25 persen, afirmasi atau ekonomi tidak mampu dengan kuota minimal 20 persen, dan perpindahan orang tua dengan kuota minimal lima persen. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: