Setor Surat Al Qoriah, Dua Santri Disawer Bupati

Setor Surat Al Qoriah, Dua Santri Disawer Bupati

CIREBON - Dua santri asal Desa Tegal Gubug, Kabupaten Cirebon semringah disawer Bupati Cirebon, H Imron MAg. Keduanya diberi hadiah uang, ketika dengan lancar membacakan atau setoran Surat Al Qoriah.

Keduanya, Muhammad dan Rafiudin langsung menerima uang dari Bupati Cirebon ketika menunggu antrean pelaksanaan swab test masal untuk santri. Saat itu Bupati Cirebon langsung menghampiri dua santri yang postur tubuhnya paling kecil diantara santri-santri lainnya.

\"Sudah tingkat berapa? Ada yang bisa setor hapalan? Yang pendek-pendek saja. Yang bisa nanti dikasih hadiah, Rp100 ribu dari saya,\" ujar Bupati.

Tantangan pun bersambut, kedua santri asal Tegal Gubug tersebut ternyata dengan lancar membacakan Surat Al Qoriah. Bupati pun dengan legowa mengeluarkan empat lembar uang pecahan 50 ribuan dan memberikannya untuk kedua santri tersebut.

\"Ini hadiahnya, yang rajin belajar di sana. Bawa ilmu yang banyak kalau pulang nanti,\" imbuhnya.

Sebelum meninggalkan keduanya, Bupati pun sempat menanyakan cita-cita keduanya. Muhammad sendiri saat itu menjawab ingin menjadi pemain sepak bola dan Rafiudin menjawab ingin menjadi tentara.

\"Kalau nanti bisa jadi pemain sepak bola atau tentara, jadilah pemain sepak bola atau tentara yang santri, tetap rajin salat, ibadahnya dijaga,\"jelasnya.

Diakhir pembicaraan tersebut Imron pun menyampaikan nasehatnya untuk para santri. Santri menurut Imron adalah salah satu komponen pembentukan SDM unggul yang bisa berkiprah dan bekerja diberbagai bidang. Maka tak heran sebandel-bandelnya santri, banyak juga santri bandel yang akhirnya jadi pejabat.

\"Saya waktu mondok juga sering kucing-kucingan dengan kiai, tapi sebandel-bandelnya santrinya tetap adab dan ibadahnya dijaga. Insya Allah berkah dunia dan akhirat,\" ungkapnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: