Jelang New Normal, Objek Wisata Kuningan Berbenah

Jelang New Normal, Objek Wisata Kuningan Berbenah

KUNINGAN - Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Kuningan mulai berbenah menyikapi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua yang tinggal menghitung hari. Para pengusaha wisata tersebut berharap PSBB tidak diperpanjang dan kehidupan masyarakat normal baru atau new normal bisa diterapkan yang akan menghidupkan kembali dunia pariwisata.

Seperti terlihat di objek wisata JnJ di Jalan Raya Bojong-Linggarjati, para karyawannya sudah kembali masuk kerja dan beraktivitas melakukan pembenahan. Mereka melakukan pengecatan wahana kolam renang dan kandang satwa hingga reparasi auning. Di bagian lain, tampak pekerja tengah menghias wahana wisata pesawat terbang dan helikopter dan ada pula yang fokus menata wahana wisata baru.

\"Kami mulai menata kembali wahana wisata kami untuk persiapan pemberlakuan new normal atau kehidupan normal baru nanti. Mudah-mudahan saja kasus covid-19 di Kuningan tidak bertambah lagi, sehingga kebijakan PSBB tahap dua yang berakhir tanggal 12 Juni nanti tidak diperpanjang dan jasa usaha wisata boleh dibuka,\" ungkap Kiki Alfarizi, owner objek wisata JnJ kepada Radar Kuningan, kemarin (10/6).

Kiki mengaku, hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi terkait kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang membolehkan kembali tempat wisata dibuka. Dari hasil beberapa kali pertemuan dengan Dinas Pariwisata bersama bupati, kata Kiki, keputusan tersebut baru akan diambil setelah melihat kondisi kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan pada akhir pemberlakuan PSBB tahap dua nanti.

\"Pemerintah Kabupaten Kuningan baru akan memutuskan PSBB diperpanjang atau tidak setelah melihat kondisi tanggal 12 Juni mendatang. Apapun keputusan pemerintah nanti, kami akan patuh karena ini menyangkut kepentingan dan keselamatan bersama,\" ujar Kiki.

Sambil menunggu keputusan pemerintah tersebut, kata Kiki, pihaknya kini tengah fokus melakukan pembenahan dan penataan sejumlah wahana wisata untuk menyambut new normal nanti. Selain melakukan perbaikan-perbaikan, pihaknya juga membuat sejumlah sarana dan prasarana pendukung untuk pengunjung di saat masa new normal nanti seperti menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan dan thermogun untuk memeriksa suhu tubuh di dua pintu masuk.

\"Kami juga akan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, di antaranya wajib masker dan menerima pengunjung hanya 30 persen dari kapasitas maksimal. Di beberapa tempat strategis kami sudah siapkan tempat cuci tangan dan juga masker untuk berjaga jika ada pengunjung yang lupa bawa, namun tidak gratis,\" ujar Kiki.

Selain melakukan pembenahan dan perbaikan, kata Kiki, pihaknya juga melakukan penambahan wahana wisata untuk menarik minat wisatawan datang ke JnJ. Di antaranya wahana taman bunga, galeri lukisan dan spot foto selfie yang menarik.

\"Selain itu pada hari Jumat pekan depan kita akan adakan hari khusus akhwat atau Akhwat Day. Khusus hari Jumat, wahana kolam renang hanya boleh dimasuki oleh kaum wanita dan balita, sedangkan bapak-bapak dipersilakan menunggu di kawasan wisata kuliner dan pesawat di sebelah Utara yang sekarang sudah dilengkapi dengan taman indah yang sangat bagus untuk foto selfie atau bermain mobil remot,\" ujar Kiki sambil berpromosi. (fik/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: