2021 Bayar Tunai Beralih ke Parkir Elektronik

2021 Bayar Tunai Beralih ke Parkir Elektronik

CIREBON – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon berencana menerapkan parkir elektronik di tahun 2021 mendatang. Deteksi kendaraan dan pembayaran bisa dilakukan secara lebih modern.

Kepala Dishub, Ir H Yoyon Indrayana MT mengatakan, kendaraan yang masuk bisa dideteksi secara elektronik. Bayar juga bisa pakai uang elektronik. Sehingga tidak terjadi kebocoran dalam retribusi parkir.

Untuk lokasi parkir elektronik, imbuhnya, zona parkir di badan jalan menjadi titik sasaran dishub, sesuai dengan peraturan daerah yang ada.

Pada rencana kerja 2021, dishub juga akan kembali menghidupkan Terminal Dukuh Semar sebagai terminal tipe c atau terminal dalam kota. Selain itu, pihaknya akan membangun taman edukasi lalu lintas yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lalu lintas bagi anak sejak dini.

“Harusnya tahun ini kita sudah buat DED (Detail Engineering Design). Tapi harus diundur karena corona,” ujar Yoyon, kepada Radar Cirebon, Jumat (12/6).

Dalam rencana awal, DED rampung 2020 dan tahun depan sudah masuk ke tahap pengerjaan fisik. Namun dengan situasi ini, pembuatan DED mundur ke tahun depan.

“Ke depan akan kita kembangkan sebagai transisi dari Terminal Harjamukti yang sekarang sudah mulai dikembangkan juga oleh provinsi,” ujarnya.

Sementara untuk taman edukasi lalu lintas akan menghubungkan antara Terminal Harjamukti dengan Terminal Dukuh Semar. Dengan alasan, peminat edukasi lalu lintas anak sekolah tingkat kanak-kanak dan tingkat dasar sangat tinggi.

“Tebukti dari hampir setiap Selasa, saya itu waiting list murid-murid TK, PAUD, untuk ikut program sadar lalu lintas usia dini (Salud) di Dishub, dan itu sangat ramai sekali,” katanya. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: