Harga Gula Pasir Kembali Normal

Harga Gula Pasir Kembali Normal

CIREBON- Harga gula pasir di pasar tradisional sudah kembali normal. Berdasarkan pantauan di Pasar Induk Jagasatru, harga gula pasir yang sempat menyentuh Rp18 ribu/kilogram kini dijual Rp12.500/kilogram.

Harga jual ini, sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebagaimana yang telah diatur dalam Permendag 58/2018.

Tentu turunya harga gula pasir itu disambut baik oleh konsumen. Pasalnya, harga komoditas penting ini sempat ada di level tertinggi dalam waktu lama. Turunnya harga gula pasir itu tak lepas dari upaya pemerintah dalam menstabilkan harga gula pasir dengan melakukan operasi pasar.

“Setelah ada operasi pasar saja harganya turun. Sekarang Rp12.500/kilogram. Walaupun kalau yang dari luar (bukan dari operasi pasar), harganya ada yang Rp14 ribu,” ucap Suwandi, salah satu pedagang di Pasar Jagasatru, Rabu (17/6).

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan operasi di Pasar Jagasatru sebanyak 2 kali. Yang pertama saat pertengahan bulan mei dan  kedua di awal bulan juni ini. Walaupun begitu, kata Suwandi, hal tersebut masih belum mendongkrak daya beli masyarakat.

“Kalau dari penjualan sih masih sepi. Mungkin daya belinya masih turun, belum terlalu baik. Harga harganya masih stabil bahkan turun,” tambahnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Pasar Jagasatru Sugandi. Menurutnya, operasi pasar yang dilakukan sebelumnya telah mendorong harga gula pasir menjadi turun dan kembali menyentung HET.

“Sekarang sih stabil. Cuma Rp12.500/kilogram. ya setelah pemerintah melakukan operasi pasar, harganya kembali turun.

Sementara itu, untuk komoditas lain seperti bawang putih, harganya justru merosot. Hanya belasan ribu saja perkilogram. Sedangkan bawang merah, harganya masih tetap tinggi, di kisaran Rp45 ribu/kilogram. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: