Inilah Arca Dewa Siwa, Sudah Ada Sebelum Taman Air Goa Sunyaragi

Inilah Arca Dewa Siwa, Sudah Ada Sebelum Taman Air Goa Sunyaragi

CIREBON - Dari sekian banyak arca atau patung yang ada di objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi, ada satu yang selama ini luput dari perhatian pengunjung, bahkan tidak ada yang tahu. Namanya, Arca Dewa Siwa.

Patung Dewa Siwa tersebut terletak di dekat Alun-alun Kompleks Taman Air Goa Sunyaragi, atau tepatnya di dekat Goa Pengawal.

Ukuran patung tersebut kecil dan tingginya sekitar 50-60 sentimeter. Ironis, wajah patung sudah tidak berbentuk karena sikat kawat saat dilakukan pembersihan oleh petugas objek wisata.

Jajat Sudrajat, pengelola Taman Air Goa Sunyaragi kepada mengungkapkan, dahulunya tangan patung tersebut menggenggam semacam tongkat pusaka. Sayang tongkat pusaka tersebut hilang dicuri.

\"Patung atau arca Dewa Siwa ini  sudah ada di taman ini sebelum adanya kompleks Gua Sunyaragi. Yakni sejak abad ke 7 hingga 8 Masehi, ketika masa Kerajaan Indraprastha,\" ungkapnya di Taman Air Goa Sunyaragi, Minggu (21/6).

Saat itu, sambung dia, Goa Sunyaragi masih berbentuk hamparan jati atau hutan jati dan dijadikan sebagai ritual mandi suci umat Hindu, dan memberikan persembahan kepada dewa tertinggi, yakni Dewa Siwa.

Jajat menuturkan, bahwa patung Dewa Siwa tersebut diubah namanya menjadi Kaji Sela yang artinya menguatkan iman seperti batu.

\"Tujuannya supaya bisa ke Tanah Suci Makkah. Karena untuk bisa ke sana, dibutukan fisik dan mental yang kuat,\" ujarnya.

Patung Dewa Siwa atau Kaji Sela tersebut kondisinya sudah berlumut dan berjamur seperti tidak terawat. Padahal, patung ini memiliki sejarah panjang peradaban Cirebon. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: