Data Dukungan Calon Hilang, KPU Indramayu Diingatkan Tidak Main Mata

Data Dukungan Calon Hilang, KPU Indramayu Diingatkan Tidak Main Mata

Fahmi Labib sebagai pihak KPU Indramayu menjawab mediasi yang hanya terbatas 30 orang di Aula KPU dengan memaparkan rincian perolehan angka demi angka baik di berita acara maupun di rekapan verifikasi administrasi.

“Sebelumnya perlu saya konfirmasi bahwa rekapan verifikasi administrasi itu bersifat sementara dan tidak resmi. Sebab tidak ada tanda tangan ketua dan 4 anggota komisioner lainnya. Itu hanya untuk memudahkan pengolahan data internal saja. Sedangkan yang resmi tetap mengacu pada berita acara dari data awal 126.492 orang, lalu yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 6.040 orang. Sehingga yang Memenuhi Syarat (MS) 120.452. Semua data ini tercantum dalam hasil verifikasi isi formulir model B.1 KWK Perseorangan,” tandas Fahmi Labib.

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan munculnya pengurangan data dukungan calon perseorangan sampai 5.497 itu didapatkan dari hasil klarifikasi Disdukcapil Indramayu pada Selasa (24/3). Rinciannya, 306 jumlah pendukung yang benar, 1.368 jumlah pendukung yang status kependudukannya tidak benar, dan jumlah pendukung yang tidak dapat dinyatakan status kependudukannya 2.217.

Jadi total 3.891 itu data dari Disdukcapil. Kemudian ditambah hasil verifikasi dugaan kegandaan berjumlah 1.606 orang. Jadi hasil penjumlahan 3.891 data Disdukcapil dengan dugaan data ganda 1.606 adala 5.497 orang.

“Nanti jumlah angka yang ada pada berita acara resmi tersebut akan masuk pada proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan yang akan dilakukan oleh PPK dan PPS mulai 24 Juni mendatang,” pungkasnya. (jml/mgg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: