Gaduh Keraton Kasepuhan Cirebon, Begini Jawaban Lengkap Sultan Sepuh Arief Natadiningrat

Gaduh Keraton Kasepuhan Cirebon, Begini Jawaban Lengkap Sultan Sepuh Arief Natadiningrat

CIREBON - Suasana Kesultanan Kasepuhan Cirebon saat ini gaduh setelah ada seorang pria mengaku keturunan asli Sultan Sepuh XI. Pria itu menyatakan mengambil alih takhta dari Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat SE.

Pria itu diketahui bernama Rahardjo Djali. Klaim Rahardjo tersebut ia sebarkan lewat video berdurasi 1 menit 10 detik itu viral di media sosial dan aplikasi chat berantai.

Klaim Rahardjo pun ditanggapi Sultan Arief Natadiningrat yang saat ini masih dirawat di Bandung. Begini pernyataan lengkap Arief lewat pesan elektronik yang diterima Radar Cirebon:

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum wrwb.

Kami Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA. Arief Natadiningrat, SE, hak turun temurun Kesultanan Kasepuhan Cirebon, sehubungan dengan adanya perisitiwa yang disebarluaskan tentang Keraton Kasepuhan, dengan ini kami sampaikan hal-hal sbb :

  1. Bahwa Keraton Kasepuhan Cirebon, alhamdulillah sampai saat ini masih dalam kondisi kondusif, wewenang dan kendali Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA ARIEF NATADININGRAT, SE.
  2. Oknum yang mengaku telah mengambil alih Keraton Kasepuhan Cirebon bukanlah orang yang berhak atas tahta Keraton Kasepuhan Cirebon, baik secara silsilah, adat istiadat serta tradisi yang berlaku secara turun temurun Kasultanan Kasepuhan Cirebon, sehingga tindakan tersebut merupakan tindakan iseng yang sangat tidak berdasar.
  3. Oknum tidak berhak atas gelar Kerajaan dan BUKAN SULTAN dan bukan merupakan putra Sultan, hal mana yang berhak atas gelar Sultan harus merupakan putra Sultan, sesuai adat istiadat serta tradisi yang berlaku secara turun temurun Kesultanan di Keraton Kasepuhan Cirebon.
  4. Perbuatan Oknum dkk telah melanggar hukum, mencemarkan nama baik, masuk tanpa ijin, melakukan ancaman pembunuhan dan telah menyiarkan berita kebohongan, oleh karenanya telah melanggar UU ITE dan KUHP yang masuk ranah pidana.
  5. Oleh karena itu kejadian ini layak dilaporkan secara hukum ke Kepolisian atas tindakan oknum dkk, demi tegaknya hukum dan menjaga marwah Keraton Kasepuhan Cirebon.
  6. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan dari para wargi Kesultanan, Pemerintah, aparat keamanan agar masalah yang memalukan ini dapat diselesaikan sebaik-baiknya.

Semoga Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai bagian dari sejarah dan jatidiri bangsa tetap lestari, aman dan damai.

Hasbunallah wani\'mal wakil, ni\'mal maula wa ni\'man nashir.

Wassalamu\'alaikum wrwb.

Sultan Sepuh XIV
Keraton Kasepuhan Cirebon
PRA ARIEF NATADININGRAT, SE

Seperti diberitakan, sebuah video viral di media sosial. Seorang pria dalam video tersebut menyatakan takhta sultan kasepuhan cirebon direbut. Dia menyatakan keturunan asli Sultan Sepuh XI.

Ada dua video yang disebarkan. Video pertama menyebutkan bahwa pemilik asli tahta sultan kasepuhan sidak ke Keraton Kasepuhan.

Sementara video kedua adalah pernyataan sikapnya. Dia menyatakan mengambil alih takhta sultan kasepuhan. “Hari ini Sabtu 27 Juni takhta sultan kasepuhan diambil alih. Demikian video ini untuk disebarluaskan,” katanya. (hsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: