Benda Pusaka Keraton Kasepuhan Masih Tersimpan Rapi dan Bersih di Museum

Benda Pusaka Keraton Kasepuhan Masih Tersimpan Rapi dan Bersih di Museum

CIREBON - Koleksi benda-benda pusaka zaman Kesultanan Cirebon dan sebagian Jawa Barat serta hadiah dari bangsa Eropa masih tersusun rapi dan terpelihara dengan baik di Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat mengatakan, setiap Selasa dan momen-momen tertentu seperti 1 Suro dan malam Jumat Kliwon secara rutin benda-benda pusaka tersebut dibersihkan.

\"Kalau ritual khusus pembersihan hanya pada 1 Suro untuk semua pusaka, malam Jumat Kliwon untuk kereta Singabarwang. Namun tidak semuanya dibersihkan hanya beberapa saja,\" katanya, Rabu (1/7).

Sultan menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pusaka tersebut merupakan bagian dari pemeliharaan dan pelestarian benda-benda kuno yang ada di Keraton Kasepuhan Cirebon.

\"Kami membangun Museum Pusaka agar benda kuno ini tersimpan dengan aman dan terpelihara dengan baik. Di era sekarang ini banyak yang tidak peduli lagi terhadap benda-benda kuno apalagi untuk memeliharanya. Masih ada orang-orang yang memandang negatif dan sinis terhadap benda kuno. Kami tetap semangat melestarikannya demi kemajuan budaya bangsa ini,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: