Waspada Covid-19, Danlanal Cirebon Minta Nelayan Terapkan Protokol Kesehatan

Waspada Covid-19, Danlanal Cirebon Minta Nelayan Terapkan Protokol Kesehatan

CIREBON - Di era new normal ini terus diminta masyarakat dan nelayan tetap waspada terhadap virus Covid-19 karena vaksinnya belum juga ditemukan. Hal tersebut diungkapkan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera.

\"Kami terus aktif memberikan imbauan dan sosialisasi terhadap masyarakat pesisir dan para nelayan untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan selalu menggunakan masker. Insya Allah kita semua bisa terhindar dari Covid-19,\" ungkap Afif usai memberikan bantuan sembako di Kampung Karangdawa Timur, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (2/7).

Bukan hanya di darat, Danlanal mengatakan, sosialisasi juga dilakukan di laut. Para nelayan yang mencari ikan di laut diberi pemahaman terkait protokol kesehatan.

\"Di laut juga kita memberikan sosialisasi kepada nelayan soal cara penangkapan ikan yang benar dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kalau sakit dampaknya ke ekonomi, pastinya nelayan tidak bisa melaut dan tidak bisa mencari ikan dan keluarga pun tak bisa makan. Yang kesulitan teman-teman di darat seperti polisi, Babinsa, bahkan angka kriminalitas naik,\" katanya.

Masih menurut Danlanal, bersama instansi terkait lainnya juga melakukan pengecekan kondisi kesehatan anak buah kapal (ABK) terhadap kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Cirebon.

\"Virus Corona tak kasat mata. Sehingga perlu pengawasan ekstra untuk bisa mencegah penyebarannya. Pemeriksaan kesehatan ABK kapal itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan pelabuhan. Di kapal itu kan pasti sering terjadi kontak antarorang. Maka penting adanya pemeriksaan. Kalau sudah berlayar, tidak ada yang monolog. Terkecuali mereka sendiri,\" tuturnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: