BBSWS Cimancis Bangun Embung Sungai Larangan

BBSWS Cimancis Bangun Embung Sungai Larangan

CIREBON – Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) berencana menata sungai di Kota Cirebon. Salah satunya di Kawasan Perumnas, sebagai salah satu upaya penanganan banjir.

Rencana penataan sungai tersebut disampaikan Kepala BBWS Cimancis, Dr Ismail Widadi ST MSc saat melakukan kunjungan kerja ke Balaikota Cirebon.

Perbaikan sungai di wilayah Perumnas, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti termasuk dengan pembangunan embung di Sungai Larangan. “Dalaml program penataan sungai yang ada ini diharapkan mendapat dukungan dari Pemkot Cirebon dengan turut membantu dalam hal melakukan koordinasi dengan masyarakat sekitar untuk perluasan Sungai Larangan,” ujar Ismail, dalam pertemuan tersebut.

Dia menambahkan, wilayah perumnas merupakan permukiman padat. Dengan upaya ini diharapkan kerjasama dengan warga sekitar, langganan banjir yang kerap melanda perumnas ini dapat segera ditanggulangi dengan pembebasan lahan sebelumnya.

Ismail memaparkan tentang tupoksi dari instansi yang dipimpinnya tersebut berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (Kemen-PUPR), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Dia menjelaskan tentang pengelolaan kewenangan tata kelola air yang terbagi menjadi beberapa kewenangan yaitu pusat, provinsi dan kota/kabupaten. Di bawah kepimimpinan kepala BBWS CC yang baru ini, ke depan program-program yang ada di BBWS CC diharapkan dapat berjalan lebih maksimal lagi. (azs/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: