Masuk Musim Kemarau Intensitas Hujan Masih Lebat, Bagini Keterangan BMKG

Masuk Musim Kemarau Intensitas Hujan Masih Lebat, Bagini Keterangan BMKG

CIREBON - Memasuki awal bulan Juli ini berdasarkan siklus cuaca sudah menginjak pada musim kemarau. Namun belakangan, hujan masih turun beberapa kali di wilayah Cirebon dan sekitarnya, bahkan dengan intensitas yang lebat.

Hujan pada musim kemarau yang pertama terjadi adalah Kamis (2/7) lalu. Warga Cirebon dan sekiranya dikejutkan dengan turunnya hujan pada Kamis malam tersebut dengan cukup deras dan durasi yang cukup lama. Bahkan, pada beberapa wilayah di kota Cirebon, sempat terjadi genangan air yang cukup tinggi.

Hujan di musim kemarau berikutnya, terjadi pada Minggu (6/7) malam. Beberapa kawasan Cirebon dan sekitarnya turun hujan yang cukup lama durasinya. Bahkan, hingga Senin pagi hujan ringan masih berlangsung di beberapa wilayah.

Senin (6/7) malam pun turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di kota Cirebon dan sektiarnya. Bahkan, hingga berita ini diturunkan, hujan ringan masih turun di wilayah kantor Graha Pena Jalan Perjuangan Kota Cirebon dan sekitarnya.

Forecaster stasiun BMKG Kertajati Ahmad Faa Iziyn menjelaskan, definisi musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan sama sekali dalam satu bulan. “Musim kemarau juga memungkinkan masih ada hujan dengan jarang-jarang dan intensitas kategori rendah, di bawah 100 mm per bulan,” ujar Faa Iziyn, Senin malam (6/7).

BMKG memprediksi potensi hujan seperti ini masih akan berlangsung hingga besok. Untuk sebarannya, secara umum diprediksi merata di hampir seluruh wilayah 3 Cirebon. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: