Masa AKB, PKL Harus Jaga Kebersihan dan Terapkan Protokol Kesehatan

Masa AKB, PKL Harus Jaga Kebersihan dan Terapkan Protokol Kesehatan

CIREBON - Memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), para pedagang kaki lima (PKL) di Kota Cirebon harus menjaga kebersihan dan tetap menjalankan protokol kesehatan selama berdagang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Penanganan Sampah DLH Kota Cirebon, Ruliyanto kepada radarcirebon.com di sela-sela mengikuti aksi bersih-bersih sampah dan sosialisasi protokol kesehatan, Kamis petang (9/7).

\"Karena perekonomian di Kota Cirebon mulai menggeliat di masa AKB ini, maka protokol kesehatan dan kebersihan lingkungan harus tetap kita jaga,\" katanya.

Selain sosialisasi dan aksi bersih-bersih, Ruliyanto menuturkan, pada kegiatan itu juga membagikan trash bag kepada para PKL dan membagikan masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker.

\"Kita bagikan 1.000 masker dan 1.000 trash bag dalam program ini yang akan berjalan selama lima hari,\" ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19 Kota Cirebon, Dany Jaelani menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program menyukseskan Kota Cirebon Bersih 2020.

\"Sosialisasi protokol kesehatan selama ini dilakukan pada pagi dan siang hari, maka kali ini kami lakukan pada sore dan malam hari. Karena, aktivitas masyarakat dan PKL di waktu sore hingga malam hari cukup banyak. Sehingga, PKL yang berjualan pada sore dan malam hari ini menjadi sasaran dalam kegiatan sosialisasi ini,\" tuturnya.

Pantauan radarcirebon.com, kegiatan tersebut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Cirebon (FLHBC), GM FKPPI Kota Cirebon, Laskar Macan Ali, serta mahasiswa dan calon dokter (Koas) dari universitas luar Kota Cirebon.

Sosialisasi juga membagikan masker serta membagikan trash bag atau tempat sampah plastik kepada bagi para PKL yang berjualan bertujuan agar mereka (PKL) bisa mempunyai tempat sampah dan tidak lagi membuang sampahnya sembarangan.

Adapun lokasi yang menjadi dasar kegiatan tersebut yakni Jl Kesepuhan, Jl Lawang Gada, Jl Pekalipan, Jl Kesambi, dan Jl Ciremai Raya Perumnas. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: