Mitra Binaan Cirebon Power Panen Udang

Mitra Binaan Cirebon Power Panen Udang

CIREBON -Sudah tiga kali Toangga gagal dalam budi daya udang. Namun, dia tidak pernah putus asa. Berkali-kali dia mencoba menemukan cara yang paling tepat agar udang jenis vaname dapat hidup dengan baik dan hasil panennya sesuai harapan.

Toangga akhirnya berhasil. Ketua Kelompok Budi Daya Udang Vaname Segara Biru, Desa Citemu Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon itu, baru saja panen. Hasilnya sesuai harapan. Mencapai 1 ton.

Kelompok Budi Daya Segara Biru merupakan mitra binaan Cirebon Power. Toangga tentunya sedang bahagia. Udang yang dibudidayakannya, sudah berhasil dipanen. Jumlahnyapun tidak sedikit.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai keberhasilan ini. Kelompoknya, sempat mengalami kegagalan hingga tiga kali. Beruntung, untuk keempat kalinya, ia bersama rekan-rekan di kelompoknya, bisa merasakan panen yang cukup besar. \"Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali,\" ujar pria yang akrab disapa Angga ini, Kamis (9/7).

Angga mengaku, keberhasilan budi daya ini, salah satunya berkat andil dan dukungan dari Cirebon Power.  Menurut Angga, Cirebon Power sangat maksimal dalam memberikan dukungan kepada kelompoknya. Baik itu dari segi fasilitas, maupun memberikan pendampingan kepada tim ahli.

Dengan memanfaatkan tambak seluas 50 x 12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, Angga bersama sejumlah anggota lainnya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, hasil tambak tersebut akhirnya bisa berhasil dipanen. Udang hasil panennya pun langsung dipesan oleh pedagang. “Langsung dipesan oleh pedagang dari Indramayu. Udangnya langsung diangkut setelah panen. Hasil panennya sekitar satu ton,” kata Angga.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power, atas dukungan yang telah diberikan, sehingga akhirnya bisa berhasil melakukan budi daya udang vaname.

\"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Cirbeon Power, atas bantuan dan dukungannya selama ini,\" kata Angga.

Hal serupa disampaikan Carwita, pria ini juga terlibat langsung dalam budi daya udang vaname ini. Menurut Carwita, pertama kali melakukan budi daya, ia dan rekannya tersebut mengalami kegagalan. Begitu pula saat upaya yang kedua. “Pernah udangnya tidak berkembang. Yang kedua, baru lima hari bibitnya mati. Alhamdulillah, sekarang berhasil,” tuturnya.

Diakuinya, keberhasilan ini tidak lepas dari pendampingan Cirebon Power. Selain membantu pembiayaan, juga membantu pembuatan kincir air, terpal tambak, instalasi listrik, dan masukan serta saran yang konstruktif.

Ia juga sempat mengikuti studi banding langsung ke salah satu petambak di Pemalang dengan difasilitasi oleh Cirebon Power. Dari kunjungan itu pula, ia mengaku banyak mendapatkan pengalaman. “Awalnya, untuk menjalankan kincir air ini menggunakan solar. Ternyata boros. Setelah kunjungan ke Pemalang, ternyata mereka menggunakan listrik. Akhirnya diubah menggunakan listrik,” kata Carwita.

Senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power, Yusuf Arianto mengaku ikut bangga dengan berhasilnya panen budi daya udang vaname ini.

Menurut Yusuf, pihaknya memang memiliki program, untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat. Salah satunya, adalah dukungan terhadap budidaya udang vaname.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: