Terapkan Protokol Kesehatan, Pengurus IBI Kota Cirebon Periode 2020-2025 Dilantik

Terapkan Protokol Kesehatan, Pengurus IBI Kota Cirebon Periode 2020-2025 Dilantik

CIREBON - Pengurus Cabang Ikatan bidan Indonesia (IBI) Kota Cirebon menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) VI di Aula Dharma Husada Dinkes Kota Cirebon, Sabtu (11/7). Muscab daksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pelaksanaan muscab ini, sedianya digelar pada 28 Maret lalu. Namun, berhubung telah memasuki masa pandemi Covid-19 dan dilarang untuk menggelar kegiatan yang melibatkan orang banyak, maka pelaksanaan muscab ditunda.

Hingga akhirnya, Sabtu 11 Juli 2020 Muscab kembali bisa dilakukan, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Aula dinkes yang daya tampungnya 150 orang, peserta yang menghadiri Muscab IBI VI kota Cirebon ini dibatasi hanya 50 orang perwakilan dari 5 pengurus tingkat ranting.

Selain itu, para peserta juga diatur jarak tempat duduknya minimal 1-1,5 meter. Semua peserta yang ada di dalam ruangan wajib mengenakan masker dan face shield. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinkes Kota Cirebon, dr H Edy Sugiarto MKes.

\"\"
Ketua IBI terpilih Hj Yeni Fitriyaningsih SST MKes.

Dalam Muscab tersebut, terjaring lima kandidat calon ketua IBI Kota Cirebon. Mereka adalah Hj Oom Jamiatu Rokhmah SST MKes, Hj Yeni Fitriyaningsih SST MKes, Molly Umairi SKM SST MMKes, Eda Ruaedah SST MKEs, dan Hj Yatmika SST MKes.

Pemungutan suara yang dilakukan berdasarkan keterwakilan 1 suara berbanding 10 jumlah anggota. Dari pemungutan suara, memunculkan Hj Yenni Fitiraningsih yang mendapat terbanyak, sehingga terpilih menjadi Ketua IBI Kota Cirebon periode 2020-2025. Dia menggantikan ketua demisioner periode sebelumnya Hj Endang Setianingsih SKM MMKes.

Bidan Yenni dan empat kandidat calon lainya yang masuk struktur pengurus harian langsung dilantik oleh Ketua IBI Jawa Barat, Hj Eva Riantini AMKeb SSos MKes.

\"\"
Ketua IBI Jabar melantik ketua IBI kota Cirebon terpilih dan pengurus harian IBI periode 2029-2025.

Yenni mengungkapkan rasa terima kasihnya atas amanat yang telah diberikan para anggota kepada dirinya untuk memimpin organisasi profesi tersebut di Kota Cirebon untuk kima tahun ke depan. Dia meminta suport dan kerja sama dengan seluruh anggota agar dapat menjalankan roda organisasi dengan baik.

Sejumlah program telah disiapkan untuk dikakukan bersama para pengurus dan anggota IBI Kota Cirebon yang jumlahnya terdaftar sebanyak 600-an anggota. Di antaranya sedang menyiapkan aplikasi dan sistem layanan konsultasi bidan. Ini untuk memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi masalah reproduksi dan kesehatan ibu dan anak.

Di masa pandemi ini, aktivitas dan mobilitas masyarakat yang masih dibatasi. Dengan layanan konsultasi kebidanan melalui aplikasi telepon SMS atau WhatsApp bisa memudahkan masyarakat khususnya di Kota Cirebon.

Ketua IBI Jabar mengungkapkan, Muscab IBI Kota Cirebon ini merupakan yang pertama kali digelar di masa pandemi. Setelah sebelumnya ditunda pelaksanaannya karena pembatasan aktivitas berkumpul dan berkerumunnya orang banyak.

Dia perhatikan pelaksanaan Muscab IBI VI Kota Cirebon berjalan lancar dan mengacu pada protokol kesehatan. Serta syarat formil pelaksanaan muscab dan pemungutan suara telah berjalan sesuai AD/ART dan ketentuan lainnya yang ditetapkan pengurus pusat.

Dia mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada ketua dan pengurus IBI periode sebelumnya. Karena telah mengabdi secara optimal dalam organisasi profesi ini. Kepada pengurusan yang baru dia mengucapkan selamat bekerja dengan baik. (azs/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: