Ini Anjuran Amalan Sunnah 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Ini Anjuran Amalan Sunnah 10 Hari Pertama Dzulhijjah

PEMERINTAH sudah mengumumkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 31 Juli 2020. Hal itu sesuai ketetapan hasil sidang Isbat yang mengumumkan 1 Dzulhijjah 1441 Hijriyah jatuh pada 22 Juli 2020 Masehi.

Hari ini memasuki 2 Dzulhijjah 1441 Hijriyah/23 Juli 2020 Masehi. Bagi umat Islam Dzulhijjah merupakan bulan yang di dalamnya banyak keutamaan.

Karena di Dzulhijjah banyak amalan sunnah yang dianjurkan. Tentu bagi yang mampu melaksanakan. Di antara amalan yang dianjurkan adalah ibadah haji, salat idul adha, dan ibadah kurban.

Baca juga:

Mulai Hari Ini Puasa Ayyamul Bidh, Ini Riwayat dan Keutamaannya

Seperti dilansir NU Online, pada sepuluh awal Dzulhijah juga dianjurkan memperbanyak amalan sunnah semisal puasa dan zikir. Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar. Imam An-Nawawi menjelaskan:

واعلم أنه يستحب إكثار من الأذكار في هذا العشر زيادة على غيره ويستحب من ذلك في يوم عرفة أكثر من باقى العشر

Artinya, “Ketahuilah bahwa disunnahkan memperbanyak zikir pada sepuluh awal Dzulhijjah disbanding hari lainnya. Dan di antara sepuluh awal itu memperbanyak zikir pada hari Arafah sangat disunnahkan.”

Dalil anjuran memperbanyak zikir di sepuluh awal Dzulhijjah ini adalah:

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ

Artinya, “Dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan…..” (Surat Al-An’am ayat ayat 28).

Sebagaimana dikutip Imam An-Nawawi, Ibnu Abbas, As-Syafi’i, dan jumhur ulama memahami bahwa kata ayyamam ma’lumat di sini adalah sepuluh pertama Dzulhijjah.

Selain itu, dalam hadits riwayat Ahmad disebutkan:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: