Menu Idul Adha, Masakan Olahan Daging Sapi dan Kambing di Warung Mang Cecep

Menu Idul Adha, Masakan Olahan Daging Sapi dan Kambing di Warung Mang Cecep

MENDEKATI momen Idul Adha, ada baiknya mencoba aneka menu olahan daging sapi dan kambing. Di Cirebon, punya menu khas olahan sapi yakni empal gentong, empal asem dan tongseng. Tapi, yang jadi primadona saat Idul Adha adalah tetap sate kambing.

Berikut ulasan cara mengolah daging sapi dan kambing menjadi menu-menu tersebut, berdasarkan menu yang disajikan Warung Empal Gentong Mang Cecep di Jl Tegal wangi-Plumbon.

Empal Gentong

Bahan utama empal gentong tentunya adalah daging sapi segar. Untuk membuatnya siapkan 1 kilogram daging sapi segar yang dipotong dadu berukuran 2-3 sentimeter.

Sebelum mengolahnya, siapkan bumbunya terlebih dahulu yang terdiri dari  bumbu utama berupa kunyit, tambahkan bawang merah bawang putih, jahe, laos, sereh, salam, dan kemiri. campur dan haluskan.

Daging 1 kilogram, bumbu gilingnya kurang lebih 100-150 gram, dan kelapa parut 1 butir.

Cara memasak bumbu halus disangrai hingga berubah warna, siapkan panci yang dikasih air kira-kira 5 liter. Aduk dengan bumbu yang sudah disangrai, lalu masukan daging, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Ketika mendidih, masukan santan cair dari perasan kedua kelapa parut lalu diaduk dan masak sampai air rebusan menyusut dan tersisa 3 liter.

Setelah hampir matang tuangkan santan kental dari hasil perasan pertama kelapa parut sambil diaduk agar santan tidak pecah. Saat akan disajikan, pindahkan ke gentong. Umumnya para pedagang empal kekinian menggunakan gentong yang berbahan logam atau tanah liat.

Empal Asem:

Cara membuat empal asem tidak jauh berbeda dengan pembuatan empal. Yang mencolok perbedaannya adalah pada empal bumbu gilingnya tidak memakai kunyit dan santan kelapa karena memang warna kuahnya yang bening.

Selain itu, ada tambahan bumbu berupa asam Jawa, belimbing waluh. Bumbu rempah kecuali asam Jawa dan belimbing waluh digiling halus lalu sangrai hingga berubah warna.

Masak air dengan perbandingan 5 liter untuk 1 kilogram daging sapi, masukan bumbu dan daging sapi, serta perasan air asam jawa, juga belimbing waluh, tak lupa garam dan penyedap rasa secukupnya. Masak hingga air menyusut dan tersisa 3 liter.

Tongseng:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: