Koperasi Alfa Mar’atus Sholihah RAT Pertama

Koperasi Alfa Mar’atus Sholihah RAT Pertama

CIREBON- Telah satu tahun berdiri, Koperasi Alfa Mar\'atus Sholihah terbentuk. Latar belakangnya adalah gerakan sosial yang diharapkan ikut berpartisipasi berdakwah di bidang ekonomi syariah yang terorganisasi dengan baik dan berlegalitas.

Dewan Pendiri Koperasi Alfa Mar\'atus Sholihah, Dr Achmad Kholiq M Ag mengungkapkan, salah satu indikator koperasi yang sehat yakni dengan melakukan RAT secara rutin. Dalam RAT tersebut dilakukan pertanggung jawaban dan pengesahan program kerja selama satu tahun ke depan.

Salah satu yang menjadi titik fokus di program kerja ke depan yakni penataan organisasi dan penguatan struktur organisasi. Kemudian penataan sistem keuangan atau adminitstrasi juga turut menjadi titik fokusnya. \"Kami juga terus mengupgrade para SDM berkompetensi dengan akad syariah,\" kata Achmad, kepada Radar Cirebon.

Koperasi syariah yang 60 persen anggotanya perempuan, saat ini memiliki 181 anggota. Berdiri di tingkat provinsi, untuk tahap awal saat ini anggotanya berasal dari Kota dan Kabupaten Cirebon. \"Kami hadir sebagai salah satu model koperasi berbasis syariah pertama di Cirebon. Prinsipnya dengan akad syariah,\" tukasnya.

Ketua Koperasi Alfa Mar\'atus Sholihah, Farah Dwi Buanawaty mengungkapkan, hingga saat ini usaha simpan pinjam pembiayaan syarih menjadi salah satu program unggulan. Program ini merupakan pembiayaan barang, permodalan dengan menggunakan akad syariah. \"Rata-rata pedagang kecil yang mengikuti program ini. Kami berharap bisa membantu masyarakat terutama pedagang kecil,\" ungkapnya.

Ke depan pihaknya pun akan menggelar kerja sama dengan para pengurasa di Cirebon khususnya untuk membuat program di bidang retail dan makanan. Pihaknya berharap dengan hadirnya Koperasi Alfa Mar\'atus Sholihah bisa menjadikan ekonomi yang tangguh dan memberikan kemaslahatan umat sesuai dengan visi misi.

\"Kami berharap di tahun ke dua ini semua progtam dan anggota bisa berjalan aktif, dan dakwah ekonomi syariah pun bisa tersampaikan kepada masyarakat dan kehadiran kami bisa membantu banyak orang terutama dalam situasi saat ini,\" tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawatijuga hadir membuka acara. Eti pun menandatanagi keanggotaanKoeprasi alfa Mar\'atus Sholihah. Ia berharap di tengah pandemi yang maasih berlangsung, kehadiran Koperasi Alfa MAr\'atus sholihah bisa menjadikan wanita kokoh menggerakkan ekonomi kreatif.

Pemerintah Kota Cirebon saat ini concern pada perkoperasian, dan ekonomi harus terus berjalan di tengah pandemi saat ini. “Koperasi bisa jadi inspirasi, dan saya harap bisa menjadi salah satu solusi menanggulangi pandemi yang masih berlangsung,\" ungkapnya.

Eti juga turut mengapresiasi RAT yang dijalankan dengan protkol kesehatan lengkap. Dalam kegiatan RAT ini anggota yang hadir menggunakan masker, mengukur suhu tubuh sebelummasuk dan menggunakan hand sanitizer. Juga diterapkan social distancing di setiap tempat duduk yang disediakan. (ap/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=3WwJjjRX0Xo&t=2s
https://www.youtube.com/watch?v=YDkJ6MAdtlc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: