Konon, Air Pantai Kejawanan Miliki Khasiat Sembuhkan Sejumlah Penyakit

Konon, Air Pantai Kejawanan Miliki Khasiat Sembuhkan Sejumlah Penyakit

CIREBON - Selain dijadikan lokasi rekreasi air, ternyata Pantai Kejawanan Kota Cirebon mempunyai potensi lebih besar. Khasiat air pantai Kejawanan dipercaya bisa menjadi penawar untuk menyembuhkan penyakit.

Sebagian masyarakat Cirebon dan sekitarnya, mengetahui bahwa air laut di Pantai Kejawanan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti stroke, gatal-gatal, asam urat, dan lain-lain.

Hal inilah yang menyebabkan orang-orang datang ke Pantai Kejawanan, hanya untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Amay alian Kang Pangkot, pengurus Himpunan Pemuda Kejawanan (HPK) membenarkan air laut Pantai Kejawanan bisa menjadi penawar untuk menyembuhkan penyakit.

\"Ini bukan mitos. Mulanya saat zaman Kesultanan Cirebon ketika itu, para prajurit dari Kesultanan Cirebon mengalami serangan penyakit yang dikirim dari musuh, yakni berupa gatal-gatal. Melihat hal tersebut, Pangeran Sukmajaya dari Kesultanan Cirebon menganjurkan agar mereka berendam di pantai Kejawanan,\" katanya.

Karena Pangeran Sukmajaya ini seorang petapa. Amay menuturkan, dia mengetahui bahwa air laut Kejawanan bisa menyembuhkan.

\"Setelah para prajurit itu berendam, maka mereka pun akhirnya menjadi sembuh dari penyakitnya itu,\" tuturnya.

Amay mengungkapkan, dari hasil penelitian diketahui air laut Pantai Kejawanan mengandung garam yang cukup tinggi.

\"Ini karena lokasi Pantai Kejawanan berada di Teluk Cirebon. Sehingga membuat kandungan garam menjadi lebih banyak. Selain itu, air lautnya juga mengandung minyak, meskipun tidak begitu banyak. Bahkan air laut ini juga mengandung es, di mana es ini akan muncul ketika pagi,\" ungkapnya.

Masih kata Amay, yang datang ke Pantai Kejawanan bukan hanya dari wilayah Cirebon. Ada juga yang dari luar Pulau Jawa. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: