Percontohan Pandu Gerbang Kampung

Percontohan Pandu Gerbang Kampung

Indramayu Diguyur Bantuan Miliaran Rupiah

KROYA – Desa Sumberjaya Kecamatan Kroya, menjadi salah satu lokasi pilot project (percontohan) Program Nasional Terpadu Gerakan Pembangunan Kampung atau Pandu Gerbang Kampung.

Launching program tersebut dilakukan langsung Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) RI, DR HR Agung Laksono, Jumat (12/7).

Didampingi Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah, acara launching ditandai dengan pemukulan gong, penandatanganan prasasti serta penyerahan bantuan puluhan miliar kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu dan masyarakat.

Bantuan uang di antaranya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bidang pendidikan PAUDNI sebesar Rp4.009.980.000. Kemudian sebanyak 52 unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian, 400 unit rehab rumah tidak layak huni dari Kementerian Perumahan Rakyat, 1 unit ambulan dari Kementerian Kesehatan, dan 50 Alquran dari Kementerian Agama.

Kemudian diserahkan pula 42 paket bantuan pembangunan usaha mina pedesaan perikanan budi daya (PUMP-PB) senilai Rp2.730.000.000, kepada 42 kelompok pembudi daya ikan di Kabupaten Indramayu.

Menko Kesra HR Agung Laksono juga menyerahkan secara simbolis kartu perlindungan sosial (KPS), bagi para penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di desa tersebut.

Dalam sambutannya, Menko Kesra HR Agung Laksono menjelaskan, tujuan Pandu Gerbang Kampung adalah untuk mempercepat penanganan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara terpadu dengan melibatkan lintas kementerian.

Di antaranya kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementerian perumahan rakyat, kementerian pertanian, kementerian kelautan dan perikanan serta lainnya.

“Gerbang Kampung merupakan sinergitas program dari berbagai kementerian yang ada di bawah koordinasi Kemenko Kesra. Selama ini masing-masing kementerian mempunyai program masing-masing di berbagai daerah sehingga hasilnya tidak terlihat. Namun, dengan adanya Gerbang Kampung ini semua program tersebut dimasukan ke dalam satu desa dan hasilnya bisa terlihat dalam waktu singkat khususnya dalam upaya pengentasan kemiskinan,” terangnya.

Penanggulangan kemiskinan sendiri merupakan salah satu dari 11 program prioritas pemerintah pusat. Dari 11 program itu, 5 di antaranya menjadi tanggung jawab Menko Kesra. Di antara kelima program itu, 3 program menjadi perhatian khusus salah satunya adalah pengentasan kemiskinan.

“Pemerintah pusat sangat serius dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Melalui berbagai program yang digulirkan, diharapkan angka kemiskinan terus menurun. Dari sekitar 17 persen diawal masa pemerintahan SBY-Budiono, sekarang sudah turun menjadi 11,6 persen. Ditargetkan kedepan angka penduduk miskin terus menurun menjadi di bawah 10 persen,” sebutnya.

Selanjutnya, Agung Laksono menilai, Desa Sumberjaya sangat layak menjadi sasaran Pandu Gerbang Kampung mengingat masih memiliki banyak keterbatasan. Setelah disentuh program tersebut, diharapkan mempercepat pembangunan desa yang tadinya tertinggal menjadi desa yang maju, aman, tenteram, adil, dan sejahtera.

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah menyatakan, dipilihnya Desa Sumberjaya sebagai sasasran Pandu Gerbang Kampung merupakan wujud nyata perhatian dan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kemenko Kesra untuk mempercepat pembangunan di perdesaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: