Jadi Khatib, Bupati Imron Kisahkan Teladan Nabi Ibrahim dan Ismail

Jadi Khatib, Bupati Imron Kisahkan Teladan Nabi Ibrahim dan Ismail

CIREBON - Bupati Cirebon Imron meminta masyarakat untuk mencontoh teladan yang ditunjukan Nabi Ibrahim As dan Ismal As. Menurutnya, kepatuhan dan pengorbanan serta berserah diri Nabi Ibrahim As dan Ismail As kepada Allah SWT sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Hal tersebut disampikan Imron saat menjadi khatib Salat Idul Adha di Masjid Agung Sumber Jumat (31/7). Dalam kesempatan itu, Imron ditunjuk menjadi khatib dalam pelaksanaan salat yang tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan mengenakan masker.

Dalam khotbahnya, bupati mengingatkan kepada jemaah, untuk bisa belajar dari peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim As dan Ismail As.

Menurut Imron, peristiwa yang dialami nabi yang masih memiliki hubungan darah itu, menggambarkan tentang keselarasan dan kesepahaman antara orang tua dan anak. Walaupun mendapatkan perintah yang cukup berat untuk dilaksanakan, namun atas kesepahaman antar keduanya dan bukti patuh kepada perintah Allah SWT, perintah tersebut tetap dilaksanakan.

\"Jawaban Nabi Ismail yang mengizinkan ayahnya melaksanakan perintah Allah, tidak lepas dari didikan Nabi Ibrahim,\" ujar Imron.

Peristiwa ini juga membuktikan, perlu adanya penanaman akidah yang kuat dalam diri anak. Serta keteladanan yang baik dari orang tua.

Karena dalam peristiwa tersebut, Nabi Ibrahim As dan Ismail As, begitu sabar dan tawakkal dalam menghadapi cobaan hidup yang sangat besar tersebut.

\"Tidak ada yang sanggup menerima cobaan tersebut, kecuali yang keimanannya sangat besar kepada Allah SWT,\" kata Imron.

Usai pelaksanaan Salat Idul Adha, Bupati Imron menyerahkan hewan kurban berupa sapi. Hal itu bentuk kurban dari keluarga besarnya.

Di Masjid Agung Sumber sendiri, pada tahun ini menerima hewan kurban sebanyak satu sapi dan empat ekor kambing. (dri/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: